Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenPAN-RB Azwar Anas, Eks Reporter yang Mendulang Prestasi sebagai Bupati Hingga Jadi Menteri

Jumat, 09 September 2022 – 19:40 WIB
MenPAN-RB Azwar Anas, Eks Reporter yang Mendulang Prestasi sebagai Bupati Hingga Jadi Menteri - JPNN.COM
MenPAN-RB Azwar Anas yang punya segudang prestasi. Foto Humas KemenPAN-RB

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu, 7 September.

Sejumlah pekerjaan rumah strategis menanti sepak terjang pria yang pernah memimpin Banyuwangi dan aktif sebagai warga Nahdlatul Ulama ini.

Dikutip dari laman resmi KemenPAN-RB, semasa kecilnya, pria kelahiran Banyuwangi 6 Agustus 1973, bersekolah di berbagai kota, mulai dari Banyuwangi, Sumenep, hingga Jember.

Dia pindah ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan Fakultas Teknologi Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. 

Pada 2005, Azwar Anas studi S-2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Dia memulai kariernya sebagai reporter Radio Prosonalia FM di Jember dan Jakarta pada 1990 hingga 1992.

MenPAN-RB Azwar Anas dikenal aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Dia pernah menjabat sejumlah posisi penting dalam organisasi Islam terbesar se-Indonesia itu.

Pada 2000 hingga 2003, dia menjadi ketum Ikatan Pelajar NU. Pada tahun selanjutnya dipercaya sebagai ketua PP GP Ansor pada 2004 hingga 2009.

MenPAN-RB Azwar Anas memulai karier sebagai reporter yang kemudian terjun ke politik hingga sukses menjadi bupati dan diangkat menjadi menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close