Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Binaan SKK Migas-PHR, Menyampaikan Rasa Bangga

Selasa, 14 September 2021 – 10:53 WIB
Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Binaan SKK Migas-PHR, Menyampaikan Rasa Bangga - JPNN.COM
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kampung Patin, Desa Koto Masjid. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menunjukkan rasa bangganya terhadap keberhasilan Desa Wisata Kampung Patin, Desa Koto Masjid yang berhasil menjadi salah satu dari jajaran finalis dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Melalui pembinaan, PHR terus berupaya membangun daya saing pariwisata berbasis potensi lokal, UMKM, digitalisasi, dan ekonomi kreatif guna membangkitkan perekonomian nasional dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini akan menjadi salah fokus investasi sosial PHR melalui kerja sama multi pihak.

“Sangat senang sekali tanah kelahiran saya masuk dalam 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021, ini adalah simbol kebangkitan Nasional dan untuk Riau secara khususnya”, ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada kunjungan tersebut, Menteri kelahiran Riau itu menuju ke beberapa destinasi unggulan seperti Puncak Kompe, serta sentra kreatifitas masyarakat dalam kategori makanan dan kriya.

Menurut Sandi, Kampung Patin layak menjadi salah satu wisata unggulan di Riau.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan desa Wisata Kampung Patin merupakan salah satu program alih kelola yang telah diusulkan kepada SKK Migas sebagai keberlanjutan Program Pengembangan Masyarakat dari operator sebelumnya.

"Alhamdulilah saat ini Desa Wisata Patin telah memberi kontribusi nyata untuk masyarakat di sektor Pariwisata. SKK Migas akan terus bersama untuk turut meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar area operasi hulu migas,” ujarnya.

VP Corporate Affairs Sukamto Tamrin menilai SKK Migas dan Pertamina Hulu Rokan ingin terus berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam menggalakkan sektor pariwisata.

"Pengembangan wisata di wilayah Koto Masjid Kampung Patin dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat sekaligus memberikan multipliereffect bagi masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” kata Sukamto.

Selain menuju ke Kampung Patin, Sandiaga Uno juga bertolak ke Pekanbaru menuju Centra Ekonomi Kreatif Budaya Melayu Riau untuk memantau gerai yang menampilkan produk kriya dan makan dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Sandiaga juga menandatangani prasasti peresmian gedung tersebut yang diresmikannya pada akhir Juli lalu.

Dalam rangka mendukung progam nasional “One Product One Village”, Pertamina Hulu Rokan akan berupaya menduplikasi program serupa untuk diterapkan di daerah wisata lainnya yang ada di Provinsi Riau.

Menparekraf Sandiaga Uno menunjukkan rasa bangganya terhadap keberhasilan Desa Wisata Kampung Patin, Desa Koto Masjid yang berhasil menjadi salah satu dari jajaran finalis dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close