Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpora Amali Ajak PSSI, Polri, hingga BNPB Bahas Evaluasi Penyelenggaraan Sepak Bola

Jumat, 07 Oktober 2022 – 22:03 WIB
Menpora Amali Ajak PSSI, Polri, hingga BNPB Bahas Evaluasi Penyelenggaraan Sepak Bola - JPNN.COM
Menpora Zainudin Amali memimpin rakor dengan stakeholder olahraga dengan agenda evaluasi secara menyeluruh penyelenggaraan sepak bola Indonesia di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10). Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholder soal evaluasi secara menyeluruh penyelenggaraan sepak bola Indonesia di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10).

Rakor itu dihadiri Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Wadankorbrimob Polri Irjen Pol. Setyo Boedi Moempoeni Harso, Perwakilan BNPB Prof Wiku, Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Dr. Sumarjaya, perwakilan Kemendagri Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah IV Zanariah dan perwakilan PT. Liga Indonesia Baru (LIB), para pejabat Kemenpora serta perwakilan suporter klub liga Indonesia.

“Rapat siang hari ini adalah kelanjutan dari rapat atau rakor yang dipimpin oleh Menko Polhukam beberapa hari yang lalu di kantor Kemenko Polhukam. Salah satu keputusan dari rakor itu memerintahkan Menpora untuk rapat dan mengundang pihak-pihak terkait soal tragedi Kanjuruhan,” ujar Amali.

Para peserta rapat menyampaikan pandangan dan masukan serta catatan penting. Menpora Amali menegaskan rapat ini tidak membahas perkembangan terkait tragedi di Kanjuruhan karena ditangani Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diperintahkan Presiden Jokowi melalui keputusan presiden (keppres).

“Walaupun saya adalah wakil ketua dalam tim itu, sama sekali kami tidak menyentuh itu. Karena itu menjadi urusan dari tim. Apa yang sudah dikerjakan Polri juga kami tidak masuk ke wilayah itu,” ucapnya.

Amali menjelaskan pihaknya bersepakat melakukan evaluasi secara menyeluruh dari penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional.

“Bukan hanya Liga 1, tetapi juga Liga 2 dan 3. Masukan-masukan yang disampaikan oleh peserta rapat saya kira cukup mewakili situasi yang ada,” ujarnya.

Hal lain juga dibahas, yaitu suporter. Menurut dia, selama ini, keberadaan suporter belum tersentuh secara serius meskipun sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Menpora Amali menggelar rapat bersama PSSI, Polri, hingga BNPB untuk membahas evaluasi penyelenggaraan sepak bola Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close