Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpora: Pemerintah Berkomitmen Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Para Pemuda

Selasa, 20 Oktober 2020 – 20:48 WIB
Menpora: Pemerintah Berkomitmen Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Para Pemuda - JPNN.COM
Menpora RI Zainudin Amali saatp pembukaan Rakor Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan yang dibuka Wapres Ma'ruf Amin, di Jakarta, Selasa (20/10). Foto: Humas Kemenpora RI.

jpnn.com, JAKARTA - Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda menjadi salah satu fokus penting yang hingga kini dijalankan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sinergitas lintas sektor.

Keseriusan pemerintah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda dibahas dalam Rapat Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan yang dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bersama Menpora Zainudin Amali, dan Menko PMK Muhadjir Effendy Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (20/10).

Pada kesempatan itu, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan generasi muda menjadi salah satu unsur utama penggerak kewirausahaan,  karena Indonesia memiliki porsi penduduk usia muda yang besar.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tidak kurang dari 64 juta jiwa penduduk dengan rentang usia 16-30 tahun. "Angka tersebut merupakan bagian penting dari penduduk usia produktif 15-65 tahun yang jumlahnya mencapai 185,22 juta,” ucap Wapres Ma'ruf Amin.

Karena itu Kiai Ma'ruf mengharapkan agar forum tersebut dapat merumuskan langkah konkret sebagai upaya membangun jiwa kewirausahaan bagi para pemuda, khususnya membantu pemulihan ekonomi. Sehingga ke depan bisa lahir wirausaha-wirausaha muda yang memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan resiko.

Kemudian, mempunyai daya kreasi dan inovasi yang tinggi, memiliki pemikiran jangka panjang, semangat dan kemauan untuk bekerja keras, serta kepemimpinan kuat yang akhirnya bisa membuka lapangan kerja baru.

“Untuk itu, saya berharap rapat koordinasi ini dapat juga membahas berbagai program pemerintah dalam rangka menangani dampak pandemi Covid-19, utamanya yang terkait dengan program pemulihan UMKM dan dunia usaha," kata Kiai Ma'ruf.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai implementasi UU 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, Perpres 18/2020, PP 41/2011 dan Perpres 66/2017.

Rakor strategis lintas sektor pelayanan kepemudaan membahas upaya menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pemuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close