Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mensos Getol Bergerak, Realisasi Anggaran Kemensos Tertinggi

Selasa, 30 Juni 2020 – 23:32 WIB
Mensos Getol Bergerak, Realisasi Anggaran Kemensos Tertinggi - JPNN.COM
Sekjen Kemensos Hartono Laras dalam jumpa pers tentang Karing Pengaman Sosial Penanganan Covid-10. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) menunjukkan kinerja positif dalam realisasi anggaran. Hingga Selasa (30/6), realisasi anggaran di kementerian pimpinan Juliari P Batubara itu sudah mencapai 60,38 persen.

Capaian itu jauh di atas rata-rata realisasi anggaran nasional sebesar yang baru di angka 39,19 persen. Oleh karena itu, Kemensos menduduki peringkat pertama dalam realisasi anggaran di antara kementerian/lembaga (K/L).

Total Pagu Anggaran Kemensos TA 2020 sebesar Rp 104.453.849.680.000, atau naik dari alokasi sebelumnya Rp 62,7 triliun. Adapun anggaran yang telah terealisasi adalah Rp 63.064.116.571.279,- (60,38 persen), termasuk di dalamnya alokasi tambahan bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Realisasi belanja paling tinggi ada di pos belanja bantuan sosial (bansos). Dari pagu sebesar Rp 100.212.378.175.000, yang telah realisasi sebesar Rp 61.617.057.314.917 atau 61,49 persen, sementara belanja lainnya di Kemensos juga memperlihatkan tren meningkat.

Memang, Menteri Sosial Juliari P. Batubara memang memberikan perhatian khusus terhadap realisasi anggaran di kementeriaannya. Dalam berbagai kesempatan, menteri asal PDI Perjuangan itu terus mendorong jajarannya melakukan akselerasi termasuk realisasi anggaran di semua unit kerja, khususnya belanja bansos di masa pandemi Covid-19.

“Karena bansos sangat dibutuhkan oleh KPM (keluarga penerima manfaat, red) untuk mengurangi beban ekonomi. Selain itu, saya juga mendorong KPM untuk segera membelanjakan uangnya agar mempercepat perputaran roda ekonomi. Hal sama juga untuk pos belanja lainnya di kementerian,” kata Menteri Juliari.

Selain itu, Menteri Juliari juga getol turun langsung ke lapangan guna mengecek lokasi distribusi bansos. Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras mengungkapkan, Mensos Juliari dalam sepekan bisa 3 atau 4 kali bergerak ke lokasi berbeda guna mengecek lokasi distribusi bansos.

“Bahkan di malam takbir menjelang Idulfitri, Mensos masih berada di lapangan memastikan masyarakat bisa bergembira di hari raya dengan bansos yang telah diterima,” kata Hartono Laras dalam kesempatan terpisah.

Kemensos menunjukkan kinerja positif dalam realisasi anggaran. Hingga Selasa (30/6), realisasi anggaran di Kemensos sudah mencapai 60,38 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close