Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri KKP Ajak TNI AL Berperan Membangun Ekonomi

Selasa, 28 Juli 2020 – 22:38 WIB
Menteri KKP Ajak TNI AL Berperan Membangun Ekonomi - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo. Foto: Dispen Seskoal

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo mengatakan selama ini TNI AL menjaga wilayah kelautan RI demi pertahanan, kewajiban berdasarkan doktrin, konstitusi, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Namun, Menteri Edhy ingin mengajak TNI Angkatan Laut untuk berperan dalam bidang ekonominya yaitu menjadi komponen pertahanan dengan membangun ekonomi Negara RI.

Hal itu disampaikan Menteri Edhy saat memberikan kuliah umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-15 TA 2020 di Amphitheater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (27/7).

Selain memberikan Kuliah Umum, Menteri Edhy juga menyerahkan bantuan sebanyak 600 kilogram ikan layang dan 900 pack produk olahan ikan seperti siomay, nugget dan bakso ikan.

Selain itu, KKP juga akan membantu Seskoal untuk membangun lagi 24 unit kolam bioflok dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan itu, Menteri Edhy yang didampingi oleh Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB. Haeru Rahayu, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP Pung Nugroho, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Muhammad Yusuf, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Prof. Sjarief Widjaja dan para Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Kedatangan Menteri Edhy disambut oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto beserta Wadan Seskoal Laksma TNI Imam Musani, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, Koordos Seskoal Kolonel Laut (KH) Dr. Sudardi, Kapusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., dan para Pejabat Utama Seskoal lainnya selanjutnya melaksanakan foto bersama di Plaza Dharma Wiratama, kemudian rombongan meninjau kolam bioflok yang berlokasi di belakang Mess Bintara Tamtama Usman Harun.

Untuk diketahui bersama, Seskoal dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah mempunyai ikatan yang kuat, KKP dalam pendidikan Seskoal telah ikut menyiapkan generasi penerus calon pemimpin masa depan, KKP secara berkelanjutan memberikan pencerahan tentang tugas pokok dan fungsinya yang berkaitan dengan pendidikan di Seskoal ini dan peran KKP dalam pembinaan masyarakat desa pesisir.

Selain itu, dalam rangka ketahanan pangan khususnya, pada tahun 2017 KKP telah mendukung Seskoal untuk membangun kolam bioflok serta pendukungnya yang sangat berguna khususnya saat ini dalam menghadapi masa Pademi Covid-19.

Menteri Edhy ingin mengajak TNI Angkatan Laut untuk berperan dalam bidang ekonominya yaitu menjadi komponen pertahanan dengan membangun ekonomi Negara RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close