Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri LHK Siti Nurbaya: Pelibatan Generasi Muda dalam Gerakan Keadilan Iklim Sangat Penting

Rabu, 22 Maret 2023 – 18:06 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya: Pelibatan Generasi Muda dalam Gerakan Keadilan Iklim Sangat Penting - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan pidato dalam acara wisuda peserta didik Green Leadership Indonesia angkatan kedua di Jakarta, Senin (20/3/2023). Foto: ANTARA/HO-Kementerian LHK

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengharapkan keterlibatan generasi muda Indonesia dalam membesarkan gerakan keadilan iklim.

Tujuannya ialah agar para pemimpin dunia semakin serius mengatasi perubahan iklim, termasuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang lebih berkeadilan.

"Pelibatan generasi muda sangat penting sebab saat ini dunia dihuni oleh 1,8 miliar orang berusia 10 sampai 24 tahun. Di Indonesia, 65 juta orang atau 20 persen di antara penduduknya berada pada kategori usia tersebut," ujar Siti Nurbaya dalam acara wisuda peserta didik Green Leadership Indonesia angkatan kedua di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut Menteri LHK Siti Nurbaya menuturkan bahwa kaum muda harus mengambil peran dalam menjaga lingkungan di tengah berbagai isu kerusakan lingkungan yang terjadi akibat perubahan iklim.

Dikatakan, banyak peristiwa besar di Indonesia terlahir dari pemikir, tangan, dan karya para pemuda.

"Pemuda mampu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan perubahan itu. Sumpah Pemuda, peristiwa Rengasdengklok, hingga reformasi merupakan beberapa bukti yang dapat kita lihat langsung signifikan dampaknya," kata Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya mengatakan bahwa seorang pemimpin muda dengan perspektif keadilan sosial dan ekologis mampu merancang visi masa depan dan bertekad mewujudkannya melalui peta jalan untuk lebih adaptif dan berdampak nyata.

Menteri Siti percaya tidak ada waktu yang lebih baik daripada generasi yang lebih siap untuk menghadapi tantangan triple planetary crisis yang terjadi saat ini, yaitu perubahan iklim, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati, selain generasi muda.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan kaum muda harus mengambil peran dalam mengatasi perubahan iklim. Apa itu Green Leadership Indonesia?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close