Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Siti Beri Kabar Gembira soal Kondisi Gajah Erin

Minggu, 25 Maret 2018 – 19:34 WIB
Menteri Siti Beri Kabar Gembira soal Kondisi Gajah Erin - JPNN.COM
Gajah Erin. Foto: KLHK

jpnn.com, LAMPUNG - Kabar gembira datang dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas, Lampung. Erin, gajah kecil berbelalai buntung kondisinya kini semakin sehat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ikut memantau langsung perkembangan kesehatan gajah betina berusia empat tahun itu. ''Kondisinya sekarang makin sehat. Aktif, nafsu makan tinggi, aktivitas normal, dan tidak menunjukkan gejala stres,'' kata Menteri Siti Nurbaya, Minggu (25/3).

Khusus terhadap foto luka gajah Erin pada bagian telinga yang diberitakan sebagai jamur, dikatakan Menteri Siti, berdasarkan hasil observasi tim dipastikan bahwa itu merupakan tampilan akibat proses pengobatan menggunakan salep untuk mengobati bekas gigitan lebah.

Perawatan sesuai prosedur kesehatan masih terus dilakukan. Pada 23 Maret lalu juga telah dilaksanakan evaluasi kesehatan oleh tim dokter yang terdiri dari perwakilan Direktorat KKH (Febriany Iskandar, Joko Nugroho), Dr.drh.Ligaya Tumbelaka (FKH IPB, PKBSI, PDHI), drh.Diah Esti Anggraini (PLG WayKambas), Koordinator PLG (Elisabeth Dwvi), dan Perwakilan BKSDA Bengkulu (Mukhlas).

Menteri Siti Beri Kabar Gembira soal Kondisi Gajah Erin

Erin juga diberi pakan, suplemen dan obat sesuai dengan kebutuhan tindak medik yang diperlukan. Juga telah diberikan vaksinasi rabies dan anti tetanus.

''Sekarang selalu ada yang mendampingi Erin, ada pengasuh khusus namanya Pak Suko. Kemana-mana selalu diangon atau digembala untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan, sampai nanti Gajah Erin sehat kembali,'' kata Menteri Siti.

Terhadap kasus Erin, Menteri Siti menegaskan pihaknya sangat mengecam keras kejahatan terhadap satwa dilindungi ini. Ia juga mengapresiasi respon cepat Tim Elephant Respon Unit (ERU) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang berhasil menemukan dan mengevakuasi Erin.

Erin adalah gajah kecil berbelalai buntung yang dirawat di Pusat Latihan Gajah Way Kambas, Lampung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close