Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Siti Nurbaya Meluncurkan Logo Sertifikasi Penurunan Emisi

Senin, 22 Januari 2024 – 15:51 WIB
Menteri Siti Nurbaya Meluncurkan Logo Sertifikasi Penurunan Emisi - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada acara peluncuran logo SPEI di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024). Foto: ANTARA/Sugiharto Purnama

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan logo sertifikasi penurunan emisi Indonesia atau SPEI guna mendukung penyelenggaraan bursa karbon yang dibuka pada September 2023.

Logo SPEI yang diluncurkan di Jakarta pada Senin meliputi kombinasi bentuk daun, turbin angin, dan pena yang melambangkan harmoni dan sinergi sektor-sektor yang terlibat dalam upaya merealisasikan Nationally Determined Contribution (NDC), kontribusi yang ditetapkan secara nasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan melakukan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Dalam hal ini, daun melambangkan lingkungan, turbin angin merupakan lambang energi bersih, dan pena simbol dari sertifikasi.

Sementara itu, warna-warna pada logo antara lain menunjukkan nuansa yang bersih dan alami, bebas dari emisi gas rumah kaca, serta keberanian dan kebijakan mengatasi emisi gas rumah kaca.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan bahwa skema SPEI diperlukan dalam perdagangan karbon di dalam negeri maupun luar negeri berdasarkan standar yang berlaku di tingkat nasional dan internasional.

"Guna menjamin skema SPEI diselenggarakan dengan transparan, akurat, lengkap, konsisten, dapat diperbandingkan dan mengutamakan integritas lingkungan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk tim measurement, reporting, and verification (MRV) serta panel metodologi," kata Siti Nurbaya.

Tugas utama tim MRV di antaranya melakukan peninjauan akhir pada hasil validasi dan verifikasi yang dilakukan oleh Lembaga Validasi dan Verifikasi yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional.

Sedangkan tim panel metodologi antara lain bertugas membantu tim MRV dalam mengidentifikasi, menghimpun, dan mengkaji metodologi penghitungan emisi gas rumah kaca.

Menteri LHK Siti Nurbaya meluncurkan logo sertifikasi penurunan emisi Indonesia atau SPEI guna mendukung penyelenggaraan bursa karbon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close