Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menteri Tjahjo Pastikan Program Pemangkasan Jabatan Eselon Dipercepat

Rabu, 06 November 2019 – 07:34 WIB
Menteri Tjahjo Pastikan Program Pemangkasan Jabatan Eselon Dipercepat - JPNN.COM
Lima ribu lebih jabatan eselon di Pemprov DKI Jakarta berpotensi bakal dihapus. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo memastikan kementeriannya akan menjadi instansi pemerintah pertama yang memulai penyederhanaan birokrasi dengan cara pemangkasan jabatan eselon.

Tjahjo Kumolo pasang target pekan depan kebijakan pemangkasan jabatan eselon di kemenPAN-RB sudah dilakukan.

"Kami yang pertama. Mudah-mudahan pertengahan bulan November ini selesai. Nanti kita umumkan," kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (5/11).

Mantan mendagri itu menyebut, pada Selasa pagi kemarin pihaknya telah meminta masukan awal dari seluruh sekjen dan sekretaris kementerian/lembaga. Pada pertemuan itu Kementerian PANRB memaparkan kerangka penyederhanaan eselonisasi beserta tahapannya.

"Nanti kami minta masing-masing kementerian/lembaga melakukan koreksi dari konsep yang kami sampaikan. Karena masing-masing kementerian/lembaga berbeda, seperti Kementerian Agama itu satuan kerja di eselon III banyak sekali," ujar Tjahjo.

Tjahjo mengatakan penyederhanaan eselonisasi akan dipercepat dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan memastikan program-program kementerian/lembaga serta pemda tidak ada yang terhambat.

Dia memperkirakan konsep penyederhanaan eselonisasi di kementerian/lembaga ini akan selesai paling lambat enam bulan.

Sementara untuk penyederhanaan eselonisasi di pemerintah daerah, akan dilakukan melalui Kementerian Dalam Negeri, BKN dan KASN.

loading...