Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menyampaikan Amanat di Ende, Megawati Bicara Soal Pancasila Jadi Pemersatu Bangsa 

Sabtu, 01 Juni 2024 – 13:16 WIB
Menyampaikan Amanat di Ende, Megawati Bicara Soal Pancasila Jadi Pemersatu Bangsa  - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mewakili dan menyampaikan amanat Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6). Foto: Dok. DPP PDIP

jpnn.com, ENDE - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyebut Pancasila terbukti menjadi falsafah, pemersatu bangsa, dan jiwa bangsa.

Megawati menyampaikan hal itu dalam amanat yang dibacakan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6).

Pancasila terbukti menjadi falsafah, pemersatu bangsa, dan menjadi jiwa bangsa," kata Megawati dalam amanat yang dibacakan Hasto, Sabtu.

Megawati bahkan menyebut Pancasila menjadi jawaban bagi warga dunia untuk menciptakan struktur dunia menjadi lebih adil.

"Pancasila juga menjadi jawaban atas struktur dunia yang tidak adil,” kata Presiden kelima RI itu.

Megawati melanjutkan Proklamator RI Soekarno atau Bung melalui Pancasila sudah memperjuangkan suatu tatanan dunia baru yang bebas dari imperialisme dan kolonialisme.

“Sesuatu hal yang ditentang oleh Bung Karno selama hidupnya. Pancasila dalam visi geopolitik ini sangat penting. Dengannya, Indonesia bertekad menjadi taman sari dunia,” katanya.

Dalam upacara itu, pasangan Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024 Ri Ganjar Pranowo dan Mahfud Md terlihat hadir di lokasi.

Megawati Soekarnoputri mengungkapkan Pancasila sudah terbukti menjadi falsafah, pemersatu bangsa, dan jiwa bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close