Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merasa Uang dan Deposito Lenyap, Nasabah Gugat BCA ke PN Jakpus

Rabu, 17 Mei 2023 – 22:09 WIB
Merasa Uang dan Deposito Lenyap, Nasabah Gugat BCA ke PN Jakpus - JPNN.COM
Warga Rangkasbitung, Lebak, Banten, Minarni dan Sunardi Sutiaman, menggugat Bank Central Asia (BCA) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Warga Rangkasbitung, Lebak, Banten, Minarni dan Sunardi Sutiaman, menggugat Bank Central Asia (BCA) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan dilayangkan penasihat hukum mereka dengan harapan BCA mengembalikan uang simpanan kedua kliennya dengan total Rp 6,35 miliar.

"Tabungan dan deposito klien kami lenyap atas ulah karyawan BCA sendiri. Namun, pihak BCA sampai sekarang belum juga mengembalikan tabungan klien kami," kata Janner Sinaga didampingi Victor Steven P. C. Sianturi, penasihat hukum kedua nasabah, melalui keterangan tertulis, Rabu (17/5)

Minarni, 86 tahun, adalah nasabah BCA KCP Rangkasbitung sejak 2008. Dia memiliki simpanan sebesar Rp6.205.054.288 yang terdiri atas tabungan Rp5.005.054.288 dan dua deposito sejak 2014 masing-masing sebesar Rp600 juta.

Sedangkan Sunardi Sutiaman, dia memiliki deposito di BCA KCP Rangkasbitung sejak 2014. Uang yang dia simpan sebesar Rp150 juta. Jadi, total tabungan kedua nasabah itu adalah Rp6,35 miliar.

Namun, pada November 2017, deposito mereka diketahui raib. Saldo tabungan Minarni diketahui hanya tersisa puluhan ribu rupiah. Deposito keduanya tidak terdata di bank tersebut.

"Hilangnya deposito dan tabungan mereka baru diketahui tiga tahun setelah tindak pidana dilakukan," kata Victor.

Minarni lantas melaporkan kehilangan pada 11 Januari. Namun ternyata BCA lebih dulu melaporkan kasus ini kepada penegak hukum dan menetapkan ER, karyawan BCA, sebagai tersangka pada 2018.

"ER telah diadili dan dijatuhi hukuman 4 tahun penjara pada 17 September 2018," kata Victor.

Kedua penggugat sebagai nasabah BCA merasa kecewa karena uang simpanan mereka senilai Rp 6,35 miliar lenyap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close