Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minat Investasi Menguat, 1 Investor Serahkan Dokumen Kualifikasi

Kamis, 30 Mei 2024 – 02:26 WIB
Minat Investasi Menguat, 1 Investor Serahkan Dokumen Kualifikasi - JPNN.COM
Provinsi Bali akan mengembangkan dan membangun koridor transportasi massal berbasis kereta di Bali (Bali Urban Rail and Associated Facilities) setelah menerima perjanjian investasi. Foto: Source for jpnn

jpnn.com, BALI - Provinsi Bali akan mengembangkan dan membangun koridor transportasi massal berbasis kereta di Bali (Bali Urban Rail and Associated Facilities) setelah menerima perjanjian investasi.

Satu di antaranya yaitu Konsorsium PT. Bumi Indah Prima telah menyerahkan dokumen kualifikasi kepada PT. Sarana Bali Dwipa Jaya (SBDJ) selaku pihak yang diberi kewenangan dalam pengembangan Bali Urban Rail and Associated Facilities.

Penyampaian minat investasi Bali Urban Rail and Associated Facilities yang dirangkai dengan penyerahan dokumen kualifikasi oleh Konsorsium PT. Bumi Indah Prima kepada PT. SBDJ dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Rabu (29/5) yang lalu.

Pj. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya dalam pengantarnya menyebut kegiatan ini sebagai tonggak baru pembangunan infrastruktur transportasi. Dia mengatakan sebagai tonggak baru karena penyampaian minat investasi yang dirangkai dengan penyerahan dokumen kualifikasi menunjukkan kejelasan progres pembangunan dan pengembangan koridor pariwisata yang dilengkapi dengan Sistem angkutan umum massal berbasis kereta melalui model investasi business to business.

Mahendra Jaya menegaskan keseriusannya dalam mewujudkan proyek infrastruktur yang telah cukup lama diwacanakan ini. Keseriusannya itu diawali dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2024 tentang penugasan kepada PT. Jamkrida Bali Mandara untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan, pembiayaan, dan penyelenggaraan sistem angkutan umum berbasis kereta.

“Pergub ini memberi amanat pada PT. Jamkrida Bali Mandara untuk membangun kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah lainnya yaitu PT. SBDJ yang merupakan anak perusahaan PT. Bali Kerthi Development Fund. Pergub ini menjadi dasar hukum yang kuat bagi SBDJ untuk mewakili kepentingan pemerintah daerah dalam pengembangan sistem angkutan umum massal berbasis kereta di Daerah Bali,” ujarnya.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut Mahendra Jaya sebagai sosok yang punya nyali dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di daerah yang dipimpinnnya. Menurutnya, ini adalah contoh pertama pelibatan swasta dalam proyek strategis.

“Ini adalah contoh pertama, pembangunan tanpa membebani uang negara. Saya harap bisa dijadikan contoh oleh daerah lain di Indonesia,” ujar Bahlil.

Pj. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya dalam pengantarnya menyebut kegiatan ini sebagai tonggak baru pembangunan infrastruktur transportasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close