Alexa Analytics

Mitsubishi Indonesia Recall Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica

Kamis, 27 Februari 2020 – 17:39 WIB
Mitsubishi Indonesia Recall Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengumumkan penarikan (recall) terhadap beberapa model yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Kali ini penarikan menerpa sebagian besar unit produksi Lancer EX. Adapun bagian yang mengalami masalah di bagian Engine Auto Tensioner, yang menghubungkan antara rantai keteng dengan timing.

Adapun jumlah Lancer EX yang terdampak dari masalah tersebut sebanyak 1.217 unit yang diproduksi dari 2008-2010. Selain Lancer EX, ada juga tipe Outlander Sport sebanyak 2 unit produksi 2010-2011 dan Delica yang lansiran 2010.

Penyebab utama dari masalah tersebut, diketahuo dari desain Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna, mengakibatkan tekanan/gaya tahanan geser (sliding resistance force), menjadi tinggi seiring umur pemakaian sehingga dapat memengaruhi durabilitas komponen tersebut.

Hal itu berpotensi menyebabkan dudukan Engine Auto Tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak, saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban/putaran tinggi secara berulang (overload driving).

Dalam kondisi terburuk, Engine Auto Tensioner akan patah/pecah dan drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, putaran alternator serta putaran pompa air sirkulasi cairan pendingin radiator ini terlepas.

Dalam kondisi drive belt yang terlepas, itu berakibat pada lampu engine check menyala, kehilangan tekanan oli power steering, performa baterai/accu menurun, dan mesin menjadi overheat.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada Engine Auto Tensioner tersebut di Indonesia.

loading...