Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MSM: Tindak Tegas Pelaku Rasial dan Persekusi Terhadap Mahasiswa Papua

Selasa, 27 Agustus 2019 – 21:20 WIB
MSM: Tindak Tegas Pelaku Rasial dan Persekusi Terhadap Mahasiswa Papua - JPNN.COM
Ketua Umum Melanesian Solidarity Movement, Dipl. Oek. Engelina Pattiasina (kedua kiri) menyampaikan pernyataan sikap soal persekusi terhadap mahasiswa Papua. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Sikap rasis aparat terhadap mahasiswa Papua dan berbagai ketidakadilan di Tanah Papua merupakan tindakan yang mencederai martabat kemanusiaan. Untuk itu, pelaku persekusi terhadap mahasiswa Papua harus ditindak tegas.

Demikian salah satu poin pernyataan sikap Melanesian Solidarity Movement (MSM) atau Gerakan Solidaritas Melanesia yang disampaikan Ketua Umum Melanesian Solidarity Movement, Dipl. Oek. Engelina Pattiasina didampingi Jack Zacharias, Chris Pelamonia, Yeremia Pelamonia dan Luis Theopilus di Jakarta, Selasa (27/8/19).

Pernyataan itu untuk menyikapi sikap rasis dan persekusi terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur yang memicu protes di berbagai kota di Tanah Papua.

Menurut Engelina, Melanesian Solidarity Movement sangat menyayangkan dan mengutuk keras aksi rasis yang dilakukan terhadap mahasiswa Papua, karena hal itu sangat merendahkan martabat manusia.

“Di mana saja di muka bumi ini, kalau ada pengabaian terhadap keadilan dan kemanusiaan, maka hampir pasti akan melahirkan perlawanan. Sebaiknya setop pendekatan keamanan, kalau mau menyelesaikan masalah Papua,” tegas Engelina.

Selain itu, MSM mengeluarkan tujuh poin pernyataan sikap sebagai berikut:

Pertama, kami warga negara Indonesia yang tergabung dalam Melanesian Solidarity Movement mengutuk keras perbuatan rasialis di Jawa Timur yang diduga dilakukan aparat keamanan, bersama beberapa organisasi kemasyarakatan.

Kedua, sebagai anak bangsa Melanesia, kami mendesak pemerintah untuk menindak tegas siapapun yang terlibat dalam persekusi mahasiswa Papua di Jawa Timur dan di daerah lain.

Ketua Umum Melanesian Solidarity Movement, Dipl. Oek. Engelina Pattiasina mengatakan pelaku persekusi terhadap mahasiswa Papua harus ditindak tegas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close