Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Muhaimin Akui Pelatihan Wirausaha Baru Berhasil 20 Persen

Selasa, 28 Desember 2010 – 18:38 WIB
Muhaimin Akui Pelatihan Wirausaha Baru Berhasil 20 Persen - JPNN.COM
JAKARTA - Pelatihan wirausaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta, disebut telah memberikan kemajuan motivasi wirausaha dan membuka lapangan kerja baru. Tetapi pada tingkat implementasi, keberhasilan pelatihan wirausaha ternyata baru mencapai 20 persen, dari 5.000 orang peserta pelatihan pada tahun 2010 ini.

"Kita masih punya pekerjaan, agar minimal 60 persen wirausahawan baru yang dilahirkan dari pelatihan, dapat berhasil dan sukses dalam menjalani usahanya dan turut membuka lapangan kerja baru," ungkap Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, saat membuka Rapat Paripurna Lembaga Produktivitas Nasional (LPN), di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Selasa (28/12).

Muhaimin mengatakan, selama ini Kemenakertrans telah berupaya mendorong peningkatan produktivitas nasional, dengan cara meningkatkan nilai tambah potensi sumber daya alam yang sesuai dengan potensi pasar dalam negeri, serta meningkatkan pelatihan-pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat.

"Untuk menambah tingkat keberhasilan peserta pelatihan kewirausahaan, pertemuan LPN memberikan rekomendasi, yakni agar segera dilakukan revitalisasi pelatihan, seleksi calon peserta pelatihan, follow up pelatihan, serta program pendampingan wirausaha dan permodalan. Selanjutnya, seleksi calon peserta pelatihan akan diperketat, sehingga betul-betul menggali potensi dan bakat wirausaha. Selain itu, diperlukan follow up pelatihan, agar menghasilkan wirausahawan mandiri," ujarnya.

loading...