Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mulyanto PKS Sentil BRIN soal Kabar Badai, Urusan Cuaca Biar BMKG Saja

Kamis, 29 Desember 2022 – 15:15 WIB
Mulyanto PKS Sentil BRIN soal Kabar Badai, Urusan Cuaca Biar BMKG Saja - JPNN.COM
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai BRIN sebenarnya bukan lembaga yang berwenang mengungkap informasi soal perkiraan cuaca ke publik. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyarankan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tidak mencampuri kewenangan BMKG yang memiliki tugas mengamati, menganalisis dan menginformasikan keadaan cuaca di Indonesia. 

Dia mengatakan itu setelah dua lembaga memiliki perbedaan informasi soal ada badai terjadi di Jabodetabek, Rabu (28/12). 

Diketahui, BRIN sebelumnya mengungkapkan di Jabodetabek terjadi badai, sedangkan BMKG hanya menyebut hujan lebat di Jabodetabek pada Rabu kemarin. 

"Sebab, kalau setiap lembaga bekerja secara acak akan membingungkan masyarakat," kata Mulyanto melalui layanan pesan, Kamis (29/12).

Legislator Fraksi PKS itu mengatakan perbedaan informasi soal perkiraan adanya badai tidak akan terjadi apabila BRIN dan BMKG disiplin pada tugas masing-masing. 

Toh, kata dia, BRIN sebenarnya tidak memiliki kewenangan mengungkap perkiraan cuaca seperti layaknya BMKG. 

"Terlebih lagi statemen tersebut dibuat oleh pribadi peneliti BRIN. Ini makin ngawur," ujar Mulyanto. 

Legislator Daerah Pemilihan III Banten itu meminta pimpinan BRIN ke depan bisa mendisiplinkan para peneliti agar tidak terjadi kehebohan seperti informasi badai pada Rabu kemarin. 

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai BRIN sebenarnya bukan lembaga yang berwenang mengungkap informasi soal perkiraan cuaca ke publik. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   BRIN  PKS  BMKG  Cuaca  badai 
BERITA LAINNYA
X Close