Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mungsolkanas, Masjid Tertua di Bandung Tempat Bung Karno Kerap Bersujud

Selasa, 21 Juni 2022 – 07:01 WIB
Mungsolkanas, Masjid Tertua di Bandung Tempat Bung Karno Kerap Bersujud - JPNN.COM
Masjid Mungsolkanas yang merupakan masjid tertua di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com - Bandung memiliki masjid unik bernama Mungsolkanas. Cerita turun-temurun mengisahkan Bung Karno kerap bersujud di masjid tertua di ibu kota Jawa Barat itu.

Laporan Nur Fidhiah Shabrina, Bandung

MASJID Mungsolkanas merupakan bangunan bersejarah yang masih bertahan di antara geliat perubahan fisik di kawasan Jalan Cihampelas, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Tempat ibadah umat Islam itu berlokasi di Gang Winiataatmaja, persis di seberang Rumah Sakit Advent.

Pada bagian depan Mungsolkanas terdapat prasasti batu hitam yang memuat keterangan tentang masjid itu. Salah satu tulisan di prasasti itu menjelaskan makna Mungsolkanas sebagai akronim dari ‘Mangga Urang Ngaos Salawat ka Kanjeng Nabi Muhammad SAW’ (Mari Kita Berselawat kepada Nabi Muhammad SAW).

Prasasti itu juga memuat tarikh pendirian masjid. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Mungsolkanas mengatakan tempat ibadah yang dikelolanya itu dibangun di atas tanah wakaf Haji Lantenas pada 1869.

“Menurut sejarahnya, syiar pertama Islam di Kota Bandung yaitu di Masjid Mungsolkanas,” kata Diki kepada JPNN.com belum lama ini.

Diki menjelaskan masjid itu telah mengalami perubahan dari bentuk aslinya. Ketika awal didirikan, Masjid Mungsolkanas masih berbentuk tajuk dengan kolam ikan di depannya.

Cikal bakal Masjid Mungsolkanas juga masih didominasi bambu. Daya tampung maksimalnya pun hanya 50 jemaah.

Bung Karno yang meninggal pada 21 Juni 1970 disebut-sebut sebagai tokoh yang kerap mengunjungi Masjid Mungsolkanas di Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA