Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MUTU International: Dunia Usaha Berperan dalam Memerangi Korupsi di Indonesia

Rabu, 26 Februari 2020 – 20:10 WIB
MUTU International: Dunia Usaha Berperan dalam Memerangi Korupsi di Indonesia - JPNN.COM
Presdir PT Mutuagung Lestari, Arifin Lambaga menyerahkan sertifikat SMAP ISO 37001 : 2016 ABMS kepada Presiden of PetroChina Nie Changmou di Menara Kuningan, Jakarta. Foto: Dok. MUTU Internasional

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia yang saat ini jadi sorotan dunia, khususnya sebagai tujuan pengembangan dunia usaha dan investasi, terus berupaya membangun kepercayaan internasional.

Kepercayaan ini dibangun untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara yang serius memerangi korupsi maupun kejahatan korporasi.

Sejalan dengan hal ini, MUTU International menyerahkan sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 : 2016 ABMS, kepada PetroChina International Jabung Ltd, pada 25 Februari 2020.

Penyerahan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari, Ir. H. Arifin Lambaga, MSE kepada Presiden of PetroChina International Jabung Ltd., Nie Changmou di Menara Kuningan, Jakarta.

Arifin Lambaga menyampaikan, langkah yang diputuskan pimpinan dan manajemen PetroChina International Jabung Ltd, merupakan langkah yang patut diapresiasi dan diikuti oleh perusahaan lain.

Nie Changmou dalam sambutannya menyatakan, penerapkan SMAP menjamin manajemen, investor, para pekerja, pelanggan, dan pihak terkait lainnya untuk tercegah dari resiko penyuapan. Dalam acara tersebut turut dihadiri Indra Gunawan, Lead Auditor SKK Migas.

Adapun SKK Migas telah menjalankan berbagai langkah untuk turut mencegah keterlibatan dunia usaha dalam lingkaran korupsi. Ini dimulai dengan menerapkan standar ISO 37001 : 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan untuk seluruh jajaran SKK Migas pada pertengahan tahun 2017.

Penerapan standar diikuti dengan integrasi ke berbagai proses bisnis institusi pemerintah. Hal itu ditandai dengan diterbitkannya aturan yang mempertegas larangan menerima atau memberikan suap untuk dan oleh seluruh jajaran SKK Migas.

Indonesia yang saat ini jadi sorotan dunia, khususnya sebagai tujuan pengembangan dunia usaha dan investasi, terus berupaya membangun kepercayaan internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close