Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem Makarim Melarang Orang Tua Ikutkan Anak Bimbingan Belajar Khusus Asesmen Nasional

Senin, 16 November 2020 – 18:47 WIB
Nadiem Makarim Melarang Orang Tua Ikutkan Anak Bimbingan Belajar Khusus Asesmen Nasional - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim dalam raker Komisi X DPR RI. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melarang orang tua mengikutkan anaknya dalam bimbingan belajar menghadapi asesmen nasional (AN). Pasalnya, asesmen nasional tidak berimplikasi pada kelulusan siswa maupun pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Selain itu, asesmen nasional yang akan dilaksanakan mulai Maret 2021 itu tidak berlaku untuk semua siswa tetapi dipilih secara acak. Tujuannya untuk memetakan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

"Bagi orang tua murid maupun guru tidak usah risau dengan asesmen nasional ini. Tidak perlu ada persiapan khusus. Sekolah cukup siapkan sarana prasarana untuk asesmen itu saja," kata Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Senin (16/11).

Dia meminta para orang tua murid menggunakan dana bimbel untuk pemenuhan gizi anak-anak. Di masa pandemi COVID-19, nutrisi anak-anak harus dijaga untuk meningkatkan imunitas.

Nadiem juga menegaskan, jangan terpengaruh dengan promosi lulus asesmen nasional. Sebab, tidak ada istilah lulus atau tidak dalam asesmen nasional.

"Asesmen nasional bukan ganti baju ujian nasional. Keduanya sangat berbeda," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, asesmen nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.

Mendikbud Nadiem Makarim meminta orang tua tidak mengikutkan anaknya bimbingan belajar khusus Asesmen Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close