Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasib Tiga Petugas DKP Belum Jelas

Senin, 16 Agustus 2010 – 09:12 WIB
Nasib Tiga Petugas DKP Belum Jelas - JPNN.COM
Kapal patroli DKP Dolphin 051. Foto: Iman Wachyudi/Batam Pos.
BATAM - Nasib tiga petugas pengawasan perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Batam yang ditangkap polisi perairan Malaysia (Marine Police Johor), Jumat (13/8) lalu hingga kini belum jelas. Ketiga petugas tersebut yakni Asriadi, Erwan, serta Selvogrevo Wewengkang. Mereka ditahan saat hendak melaksanakan patroli rutin di daerah perbatasan Tanjung Berakit Bintan, karena diduga sering terjadi pencurian ikan (illegal fishing) di sana, dan terbukti mereka - bersama tiga rekan lainnya - berhasil memergoki dan menghalau lima kapal yang di dalamnya terdapat 7 nelayan Malaysia sedang mencuri ikan di perairan Indonesia tersebut.

"Belum tahu kapan dibebaskan, ini sudah masalah G to G atau antar pemerintahan. Kami dapat info, sampai sekarang ketiga petugas satuan kerja DKP Batam tersebut masih ditahan di kawasan Pengerang Johor Malaysia," ujar Direktur Polair Polda Kepri, AKBP M Yassin Kosasih kepada Batam Pos (grup JPNN) di Sekupang, Minggu (15/8).

Kepala Satuan Kerja DKP Tanjung Balai Karimun, Hermanto yang ikut mengamankan serta dalam kejadian mengatakan, salah satu dari anggota polisi perairan Johor dengan nada arogan mengatakan supaya para nelayan mereka dilepaskan dan segera menyingkir dari perairan tersebut, karena perairan itu adalah milik negaranya. Namun itu sempat dibalas pernyataan dari Hermanto, sehingga polisi Malaysia tersebut melepaskan dua kali tembakan ke arah kapal Dolphin 015 yang ditumpangi enam anggota DKP Batam dan Karimun.

"Menyingkir dari rumah sendiri? Itu tidak mungkin. Mereka yang bodoh tidak tahu batas teritorialnya di mana. Mereka selalu menginjak kedaulatan tanah air Indonesia," ujar Hermanto. Ditemui saat tengah menyelesaikan laporan kronologis penangkapan dan kejadian tersebut, ia pun langsung menunjukkan posisi perairan Tanjung Berakit, tempat mereka melakukan penangkapan dan polisi Malaysia yang dengan semaunya memasuki perairan tanpa izin.

BATAM - Nasib tiga petugas pengawasan perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Batam yang ditangkap polisi perairan Malaysia (Marine Police

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close