Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara OKI Rapatkan Barisan Lawan Pembakaran Al-Qur'an

Senin, 03 Juli 2023 – 23:51 WIB
Negara OKI Rapatkan Barisan Lawan Pembakaran Al-Qur'an - JPNN.COM
Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Foto: OKI

jpnn.com - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengutuk keras pembakaran kitab suci Al Quran di Swedia pekan lalu dan menyerukan menyerukan langkah bersama untuk mencegah tindakan provokatif tersebut terulang kembali.

Pernyataan itu muncul saat sidang istimewa komite eksekutif OKI di Jeddah, Arab Saudi pada Minggu untuk membahas konsekuensi penodaan agama.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah pertemuan itu mengutuk keras tindakan tidak hormat terhadap kesucian Al Quran di Stockholm dan menyatakan kekecewaannya terhadap otoritas yang mengizinkannya.

Di dalam pernyataan itu juga menyerukan Sekretaris Jenderal OKI untuk mengirimkan surat kepada pemerintah Swedia atas nama negara-negara anggota dan melakukan evaluasi mengenai kunjungan resmi ke Swedia dan Komisi Eropa.

Hal tersebut untuk "menunjukkan kecaman atas insiden pembakaran Al Quran dan menuntut tindakan yang diperlukan untuk mencegah tindak pidana dengan dalih kebebasan mengeluarkan pendapat tersebut tidak terulang kembali.”

OKI juga mendesak negara-negara anggota untuk melakukan "upaya bersama melawan tindakan keji" yang menargetkan Al-Qur'an dan simbol Islam lainnya, menekankan bahwa kebebasan mengeluarkan pendapat juga memerlukan tanggung jawab bersama dengan hak-hak tertentu.

Pernyataan itu mendesak masyarakat internasional untuk menghentikan mereka yang terkait dalam tindakan provokatif atas nilai suci umat Muslim atas nama kebebasan berpendapat dan mendorong organisasi masyarakat sipil di negara-negara dimana aksi tersebut dilakukan untuk menggunakan cara hukum sebagai tanggapan. (ant/dil/jpnn)

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengutuk keras pembakaran kitab suci Al Quran di Swedia pekan lalu dan menyerukan menyerukan langkah bersama

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close