Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara Restrukturisasi Utang PDAM

Rabu, 27 Agustus 2008 – 16:34 WIB
Negara Restrukturisasi Utang PDAM - JPNN.COM
JAKARTA—Kabar gembira bagi seluruh Perusahaan Air Minum Daerah di Indonesia. Pemerintah bersedia merestrukturisasi utang 175 PDAM yang mencapai Rp 4,65 triliun per 30 Juni 2008. Tunggakan utang yang terdiri dari utang pokok Rp 1,5 triliun dan non pokok (bunga, denda, dan lainnya) Rp 3,1 triliun itu akan direstrukturisasi lewat debt to investment atau bahkan menghapuskannya khusus untuk utang non pokok.

Hanya saja pemerintah akan melakukan evaluasi tiap enam bulan atas pelaksanaan restrukturisasi utang PDAM untuk menjamin pelaksanaannya mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara.

"Harus ada review setiap enam bulan, berarti nanti Januari 2009 saya minta ada laporan dari dirjen mengenai apa yang terjadi, mana PDAM yang mengalami kemajuan dan mana yang tidak," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (27/8).

Diingatkannya, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120/PMK.05/2008 tanggal 19 Agustus 2008 tentang penyelesaian utang PDAM, tidak disalahartikan Pemda dan PDAM.

"Restrukturisasi ini bukan hadiah cuma-cuma. Bagi PDAM yang berkinerja baik, akan kami berikan hadiah dalam bentuk Dana Alokasi Khusus yang meningkat," tukasnya.

JAKARTA—Kabar gembira bagi seluruh Perusahaan Air Minum Daerah di Indonesia. Pemerintah bersedia merestrukturisasi utang 175 PDAM yang mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA