Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ogah Ikut Campur, China Percaya Timur Tengah Dapat Menentukan Nasib Sendiri

Selasa, 27 Juni 2023 – 02:41 WIB
Ogah Ikut Campur, China Percaya Timur Tengah Dapat Menentukan Nasib Sendiri - JPNN.COM
Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menggelar konferensi pers di kediamannya di Jakarta, Rabu (21/12/2022). Foto: ANTARA/Asri Mayang Sari

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang mengatakan bahwa China selalu percaya bahwa nasib Timur Tengah harus berada di tangan negara-negara di kawasan tersebut.

Lu Kang juga mengatakan bahwa China dengan tegas mendukung perjuangan negara-negara Timur Tengah untuk membebaskan diri dari penjajahan dan berjuang untuk penentuan nasibnya sendiri.

“Sejak Perang Dingin, China telah berkomitmen pada kejujuran dan keadilan, pada kedaulatan, integritas wilayah, dan martabat nasional negara-negara Timur Tengah, dan pada penyelesaian perbedaan melalui dialog dan negosiasi,” kata Lu Kang di Jakarta, Senin.

Lu Kang menyampaikan hal tersebut dalam acara seminar “Pengaruh China di Timur Tengah dan Prospek Stabilitas dan Perdamaian” yang diadakan oleh Sekolah Strategis dan Studi Global Universitas Indonesia di Jakarta.

Menurut Lu Kang, komitmen mereka berpedoman pada politik luar negeri China di tempat lainnya, yaitu menghormati kedaulatan dan kemerdekaan negara-negara kawasan, menghormati peran utama mereka dalam urusan kawasan.

Selain itu, China juga mendukung persatuan dan kerja sama di antara negara-negara berkembang, mendukung dialog dan konsultasi sebagai sarana penyelesaian perbedaan, dan menentang campur tangan pihak eksternal.

Dia juga mengatakan bahwa komitmen dan praktik China terhadap pedoman tersebut yang membuat China mendapat kepercayaan dari negara-negara berkembang, termasuk Timur Tengah.

“Ini adalah kepercayaan pada posisi dan kebijakan kami yang gigih terhadap Timur Tengah, prinsip-prinsip panduan diplomasi kami yang telah lama dipegang, dan peran konstruktif kami di dunia saat ini,” katanya.

China juga telah menjadi pendukung setia perjuangan pembebasan nasional Palestina, dan Presiden China Xi Jinping telah mengajukan proposal tiga poin

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close