Alexa Analytics
Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Oknum TNI AU Menginjak Kepala Warga Papua, Kikin Tarigan: Negara Lamban Berpihak Kepada Penyandang Disabilitas

Rabu, 28 Juli 2021 – 10:32 WIB
Oknum TNI AU Menginjak Kepala Warga Papua, Kikin Tarigan: Negara Lamban Berpihak Kepada Penyandang Disabilitas - JPNN.COM
Ketua Serikat Rakyat Indonesia (Serindo) Kikin Tarigan. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video yang menunjukkan oknum anggota TNI AU menginjak kepala seorang warga beredar di media sosial dan pesan berantai WhatsApp.

Dalam video berdurasi 1:20 menit terlihat dua anggota berseragam TNI AU sedang mengamankan seorang pria pada Selasa (27/7).

Salah satu anggota TNI AU itu menginjak kepala pria tersebut dengan menggunakan sepatu.

Hal ini mendapat respons keras dari Ketua Serikat Rakyat Indonesia (Serindo) Kikin Tarigan.

Kikin menilai hal tersebut sudah keluar dari prinsip aparat keamanan dan sangat tidak etis, apalagi  yang ditangkap adalah seorang penyandang disabilitas.

“Kami mengapresiasi kepada TNI yang langsung bertindak pada pelaku kesewenangan terhadap penyandang disabilitas di Merauke, Papua,” kata Kikin Tarigan, Rabu (28/7).

Meski demikian, Kikin menegaskan potongan video berdurasi 1,20 menit yang beredar luas menunjukkan belum ada prosedur baku dalam pengambilan tindakan dalam menghadapi dugaan ancaman yang dilakukan oleh penyandang disabilitas.

“Pada detik ke 10 potongan video, jelas yang bersangkutan terkesan tuna wicara, namun perlakuan yang dilakukan aparat justru membentak-bentak, tanpa mencari tahu apa yang hendak dinegosiasikan penyandang disabilitas tersebut. Hingga datang petugas berpakaian dinas yang menindak lagi lebih tidak manusiawi," tegas Kikin.

Sebuah video yang menunjukkan oknum anggota TNI AU menginjak kepala seorang warga beredar di media sosial dan pesan berantai WhatsApp.


BERITA LAINNYA