Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OMAI Fitofarmaka Harus Masuk Formularium Nasional & Bisa Diresepkan Para Dokter

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 21:20 WIB
OMAI Fitofarmaka Harus Masuk Formularium Nasional & Bisa Diresepkan Para Dokter - JPNN.COM
Plt. Kepala Badan POM Ibu Rizka Andalucia (kedua dari kanan) mengunjungi booth Dexa Group di acara Indonesia Wellfest 2024. Foto dok. Dexa

jpnn.com, JAKARTA - Bahan baku farmasi di Indonesia sebagian besar masih diimpor, terutama bahan aktif obat (API) dan bahan tambahan obat.

Ketergantungan ini membuat industri farmasi Indonesia rentan terhadap fluktuasi harga dan pasokan global.

Oleh karenanya penting untuk memperkuat percepatan kemandirian farmasi Indonesia. Salah satunya dengan memanfaatkan Obat Bahan Alam (OBA).

"Ada 6 industri kosmetik dan delapan industri obat bahan alam yang berkomitmen sebagai orang tua angkat bagi UMKM obat bahan alam dan kosmetik. Ini patut diapresiasi," kata Plt. Kepala Badan POM Ibu Rizka Andalucia,  Sabtu (3/8).

Dexa Group dan industri Obat Bahan Alam (OBA) lainnya menjadi orang tua angkat yang memberikan edukasi dan pelatihan untuk pengembangan OBA bagi produsen UMKM. Upaya ini diyakini dapat memperkuat percepatan kemandirian farmasi di Indonesia.  

Penandatanganan Program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik digelar di acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024, di mal Central Park, Jakarta, Jumat (2/8). 

Melalui program ini, industri obat bahan alam dan kosmetik memberikan pendampingan kepada UMKM dalam hal peningkatan pengetahuan terkait perizinan, standar sarana, dan mutu produk, teknologi, hingga pemasaran.

"UMKM diharapkan mampu memenuhi ketentuan dan dapat berkembang lebih cepat serta berdaya saing tinggi," ucapnya.

OMAI Fitofarmaka harus masuk formularium nasional, sehingga bisa diresepkan para dokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA