Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OMG Gelar Pelatihan untuk Masyarakat Pesisir Jakarta Lewat Produk Olahan-Turunan Kerang

Sabtu, 13 Mei 2023 – 00:31 WIB
OMG Gelar Pelatihan untuk Masyarakat Pesisir Jakarta Lewat Produk Olahan-Turunan Kerang - JPNN.COM
OMG berikan pelatihan masyarakat pesisir Jakarta lewat produk olahan dan turunan kerang. Foto: Tim Media OMG

jpnn.com, JAKARTA - Wilayah utara Jakarta berbatasan langsung dengan laut dan identik dengan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Tak hanya ikan, berbagai komoditas tangkapan laut ditangkap oleh nelayan, salah satunya adalah kerang hijau yang menjadi andalan mata pencaharian masyarakat Kampung Nelayan, Clincing Jakarta Utara.

Kampung Nelayan Cilincing punya sentra pengupas kulit kerang yang terkenal dan unik dalam mengolah kerang yang kaya manfaat tersebut.

Salah satu yang dimanfaatkan adalah dengan mengolahnya sebagai kerupuk kijing, yang selama ini menjadi cemilan khas daerah setempat.

Dalam rangka memanfaatkan potensi dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, Orang Muda Ganjar (OMG) memberikan 'Pelatihan UMKM Pembuatan Kerupuk Kijing' kepada masyarakat Kampung Kerang, Clincing, Jakarta Utara, Jumat (12/5).

"Kami membangkitkan UMKM yang paling ikonik di tempat ini, yaitu kerupuk kerang ijo. Mayoritas warga di sini adalah pengupas kerang ijo, jadi kami membuat inovasi kerupuk kerang ijo," ujar Wakil Koordinator Wilayah OMG DKI Jakarta Widodo.

Pada kesempatan pertama kali ini, OMG memberikan pelatihan dasar seputar proses produksi kerupuk kerang ijo yang meliputi bahan baku dan cara pengolahan untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

"Tahap pertama kami memberikan ilmu agar para peserta paham mengenai bahan baku bumbu yang dibutuhkan dan potensi lainnya seputar penjualan kerang ijo," tambahnya.

OMG juga akan memberikan pelatihan pemasaran lanjutan, menyediakan sarana pemasaran untuk mempermudah masyarakat pesisir Jakarta dalam memasarkan hasil produksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close