Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Omnibus Law, Salah Satu Jurus Jokowi Tarik Investasi

Kamis, 02 Januari 2020 – 22:02 WIB
Omnibus Law, Salah Satu Jurus Jokowi Tarik Investasi - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat akan lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Kota Tarakan dengan Super Puma. Foto BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang tengah disiapkan pemerintah dinilai menjadi kunci untuk menarik investasi asing ke Indonesia.

Masuknya investor asing itu juga untuk kebangkitan sektor manufaktur dalam negeri.

"Omnibus law tentang ketenagakerjaan itu salah satu prasyarat untuk meningkatkan lagi bidang manufaktur," kata Chief Economist Danareksa Research Institute Moekti Prasetiani Soejachmoen saat dihubungi, Kamis (2/1).

Isu ketenagakerjaan menjadi salah satu perhatian investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Beberapa isu yang menjadi perhatian antara lain adalah upah.

"UMR itu yang menjadi keluhan. Makanya mereka memilih tenaga kontrak," ujar Moekti.

Implementasi omnibus law khusus ketenagakerjaan akan menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memajukan sektor manufaktur.

“Kalau pemerintah bisa menepati janjinya untuk omnibus law bisa tahun depan, itu bisa menjadi sentimen positif untuk menarik investor ke Indonesia,” lanjut Moekti.

Menurutnya Indonesia perlu kembali mengandalkan manufaktur sebagai motor pertumbuhan ekonomi, di tengah melemahnya harga komoditas.

Implementasi omnibus law khusus ketenagakerjaan akan menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memajukan sektor manufaktur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close