Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Omzet Bank Sampah Capai Rp 2,8 Miliar per Bulan, Rekrut Ratusan Ribu Pekerja

Selasa, 05 Maret 2024 – 09:19 WIB
Omzet Bank Sampah Capai Rp 2,8 Miliar per Bulan, Rekrut Ratusan Ribu Pekerja - JPNN.COM
Direktur Bank Sampah Induk GESIT Sri Endarwati tengah menjelaskan manfaat dan berkah yang dia bersama anggotanya rasakan. Foto dok. Unilever

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah sampah plastik yang mencemari ekosistem laut diprediksi meningkat hampir tiga kali lipat pada 2040 apabila tidak ada upaya pencegahan.

Kondisi ini pun terjadi di Indonesia dengan 12,87 juta ton sampah plastik selama 2023, di mana 408.885 ton di antaranya berakhir di lautan setiap tahun. 

Untuk itu, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara yang Produktif”.

"Pemerintah sangat serius mengatasi permasalahan sampah plastik," kata Direktur Pengurangan Sampah KLHK RI Vinda Damayanti Ansjar ketika meninjau Bank Sampah Binaan Unilever di Jakarta Pusat, Senin (4/3). 

Saat ini Indonesia telah memiliki kebijakan mengatasi permasalahan sampah plastik. Salah satunya mewajibkan produsen menyusun langkah-langkah mengurangi sampah plastik yang berasal dari produk dan kemasan serta wadahnya melalui PermenLHK Nomor 75 Tahun 2019. 

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meredesain produk, kemasan produk serta wadahnya," ungkapnya.

Selain itu, menerapkan Extended Producer Responsibility (EPR). Dengan EPR ini produsen mengambil kembali plastik pasca konsumsi untuk didaur ulang kembali menjadi produk kembali atau produk lain sehingga sistem ekonomi sirkular dapat berjalan. 

"Untuk penerapan ekonomi sirkular, produsen dapat bekerja sama dengan Bank Sampah, TPS3R, industri daur ulang, sehingga dari pengelolaan sampah plastik ini dapat menghasilkan nilai ekonomi yang menjanjikan," lanjutnya.

Omzet Bank Sampah mencapai Rp 2,8 miliar per bulan, rekrut ratusan ribu pekerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close