Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ooo...Begini Cara Bung Hatta Menggaet Daun Muda

Rabu, 09 September 2015 – 16:50 WIB
Ooo...Begini Cara Bung Hatta Menggaet Daun Muda - JPNN.COM
Bung Hatta dan Rahmi. Foto: Istimewa.

jpnn.com - BUNG Hatta pernah mengangkat sumpah. Dia tak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Hatta tak main-main dengan sumpahnya. Hingga usia empat puluh tahun, dia masih jomblo.

Nah, baru saja kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, Hatta pun digoda Soekarno. Dia minta sahabatnya itu menyebut nama seorang perempuan, seraya berjanji akan melamarkannya. 

"Rahmi Rachim," ucap Hatta tanpa pikir panjang. "Rahmi anak Abdul Rachim dan Annie Rachim."

Mendengar itu Soekarno terperanjat. "Pilihanmu sungguh tepat. Dia gadis tercantik di Bandung," ujar Bung Karno sebagaimana ditulis Dedi Ahimsa Riyadi dalam Hatta--Hikayat Cinta & Kemerdekaan.

Oktober 1945, Bung Karno menepati janji. Dia menyambangi keluarga Abdul Rachim ke Bandung. Tanpa berpanjang lebar, sang proklamator langsung masuk ke pokok tujuan. 

Annie termenung, mengingat usia Hatta dan putrinya terpaut jauh. Ia berkata pada Soekarno, "Mas Karno, mengenai lamaran itu, aku harus bertanya terlebih dahulu kepada putriku. Ia telah berusia 19 tahun. Sudah cukup dewasa untuk memutuskan masa depannya sendiri."

Soekarno berpaling kepada Rahmi dan berkata, "Aku mengenal Hatta sebagai sahabat dan seorang pemimpin yang baik. Ia benar-benar orang yang sangat baik. Engkau tidak akan menyesalinya." 

Sejurus kemudian Si Bung pamit. Sebelum beranjak pergi dia berkata kepada Annie, "Aku menunggu kabar jawaban dari putrimu."

BUNG Hatta pernah mengangkat sumpah. Dia tak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Hatta tak main-main dengan sumpahnya. Hingga usia empat puluh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close