Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OPEC Tak Mau Tambah Produksi

Senin, 23 Juni 2008 – 10:59 WIB
OPEC Tak Mau Tambah Produksi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan lalu bisa jadi bukan yang terakhir. Sebab, harga minyak dunia di pasar internasional saat ini terus membubung tinggi. Dalam sepekan terakhir, harga minyak menembus USD 140 per barel.

’’Harga minyak tinggi bukan karena faktor fundamental. Permintaan dan pasokan masih seimbang,’’ ujar Presiden OPEC Chakib Khelil di sela Energy Meeting seperti dilansir AFP.

Direktur Eksektif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan, anggota OPEC memang memiliki kepentingan agar harga minyak tetap tinggi. Karena itu, mereka tidak mudah berkomitmen menaikkan jumlah produksi. Menurut dia, sikap OPEC cukup wajar karena harga minyak saat ini terutama disebabkan faktor nonfundamental akibat spekulasi.

Pri Agung menyebutkan, suplai dan permintaan minyak dunia per hari masih stabil di kisaran 86 juta–88 juta barel. Meski Tiongkok sudah menaikkan harga minyak dalam negeri, konsumsi dunia diperkirakan masih stabil di level tersebut. ’’Bukan fundamental, tapi lebih banyak karena spekulasi,’’ kata Pri AgungDia mengatakan, faktor nonfundamental menjadi penyebab melejitnya harga minyak karena lemahnya kurs dolar AS atas mata uang kuat lainnya, terutama euro. Saat krisis kredit perumahan kelas bawah (subprime mortgage) meledak, investor banyak melarikan dananya ke bursa komoditas dengan membeli minyak.

Harga minyak internasional, sambung dia, sebenarnya sangat dipengaruhi faktor Amerika Serikat. Pertumbuhan ekonomi, cadangan minyak, dan nilai tukar uang Negeri Paman Sam tersebut sangat memengaruhi harga dunia.

Sedikit berbeda dengan Pri Agung, pengamat perminyakan Kurtubi mengatakan, meski aksi spekulasi sangat tinggi, faktor fundamental tetap memengaruhi harga minyak. ’’Demand terus tinggi, tapi tidak ada tambahan suplai yang signifikan meski Arab Saudi berjanji menaikkan produksi 200 ribu barel per hari Juli nanti,’’ kata Kurtubi.

Menurut Kurtubi, aksi Arab Saudi tersebut tidak cukup meredam tingginya harga minyak. Anggota OPEC, lanjut dia, akan mempertahankan harga tetap tinggi jika dolar AS terus melemah. Sebab, dengan pelemahan dolar AS, penerimaan minyak akan menurun karena pendapatannya menggunakan mata uang dolar AS. ’’Karena itu, mereka menginginkan harga minyak tetap tinggi,’’ jelasnya.

Mengenai spekulasi di Nymex (New York Mercantile Exchange), Kurtubi berpendapat, tak ada yang bisa melarang setiap orang membeli minyak di pasar. Investor memang ramai-ramai mengalihkan portofolionya ke pasar komoditas seperti minyak mentah, CPO, emas, dan komoditas utama dunia lainnya.

JAKARTA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan lalu bisa jadi bukan yang terakhir. Sebab, harga minyak dunia di pasar internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close