Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Organisasi Indonesia Surati PBB, Tuntut Pengusutan Tuntas Asal-usul COVID-19

Senin, 26 Oktober 2020 – 22:55 WIB
Organisasi Indonesia Surati PBB, Tuntut Pengusutan Tuntas Asal-usul COVID-19 - JPNN.COM
Logo PBB. Foto: en.wikipedia.or

jpnn.com, JAKARTA - Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3-I) mendesak Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan penyelidikan independen terhadap awal mula pandemi Covid-19.

Desakan ini disampaikan Direktur Eksekutif KP3I Tom Pasaribu menyusul rumor yang selama ini beredar bahwa Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global tersebut adalah senjata biologis buatan manusia.

“Pandemi covid-19 telah menciptakan persoalan bagi masyarakat di seluruh negara di dunia yaitu resesi ekonomi yang mengganggu iklim dan tatanan kehidupan masyarakat dunia,” kata Tom dikutip dari surat resminya kepada PBB, hari ini, Senin (26/10).

Karena itu, Tom menegaskan, sebagai badan dunia yang menjaga perdamaian serta menjaga terjaminnya hak asasi manusia (HAM), PBB harus mengusut tuntas serta membuktikan bahwa pandemi Covid-19 yang telah menjadi momok di seluruh belahan dunia ini bukan ciptaan manusia.

Dengan begitu, kata Tom, PBB juga sekaligus meluruskan berita-berita yang berseliweran termasuk spekulasi tentang dugaan virus tersebut berasal dari kelelawar dan ular di Wuhan, Tiongkok. (dil/jpnn)

Berikut surat KP3I kepada PBB selengkapnya:

Atas nama Perdamaian dunia, demokrasi dan Hak Asasi Manusia, kami sebagai  bagian dari masyarakat dunia, yang berdomisili di Negara Indonesia dan Warga Negara Indonesia, yang juga bergerak di Non-Governmental Organization mendesak agar Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan penyelidikan terhadap penyebaran virus pandemic Covid-19, melalui lembaga World Health Organization (WHO) terhadap negara mana awal munculnya pandemic covid-19, sebagai negara yang harus bertanggungjawab penuh atas menyebarnya virus pandemic covid-19, apakah benar virus yang berkembang secara alami atau buatan manusia, serta membuktikan bahwa pandemic covid-19 bukan sebagai senjata biologis yang sedang dilancarkan oleh sebuah negara.

Kasus pandemic Covid-19 telah memakan banyak korban jiwa, terinfeksi maupun meninggal, bahkan pandemic covid-19 telah menciptakan persoalan bagi masyarakat dunia dan negara yaitu resesi ekonomi yang mengganggu iklim kehidupan masyarakat dunia saat ini.

Sebuah organisasi yang berbasis di Indonesia menuntut PBB untuk melakukan penyelidikan terhadap asal-usul COVID-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close