Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ormas Perantau Harus Kreatif

DR Zulfahmi Burhan Pimpin BK3AM

Senin, 30 Juni 2008 – 11:04 WIB
Ormas Perantau Harus Kreatif - JPNN.COM
JAKARTA - Gubernur Sumbar menegaskan keberadaan dan eksistensi Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau Jakarta Raya (BK3AM Jaya) telah memberikan kontribusi positif bagi ranah Minang dan Jakarta. Fakta ini hendaknya jangan membuat BK3AM merasa puas.

"Sebagai organisasi kemasyarakatan berbagai upaya inovatif dan kreatif harus dikembangkan guna menjawab dinamika perubahan zaman," kata Gubernur Sumbar, yang diwakili oleh Asisten IV Setda Provinsi Sumbar Drs H Chairul Darwis, di Jakarta, saat membuka Mubes BK3AM, Minggu (29/6).

Seandainya upaya inovasi dan kreatifitas terabaikan, kata Chairul Darwis, maka dengan sendirinya BK3AM akan ditinggalkan oleh anggotanya sendiri.

Khusus untuk Sumatera Barat, lanjutnya, saat ini tengah berlangsung proses kembali ke nagari sebagai salah satu upaya untuk menuju kepada keutuhan jatidiri.

"Dalam perspektif pergaulan dunia saat ini Minangkabau tengah mengalami pergeseran nilai dan cendrung membiarkan diri terseret oleh derasnya arus perubahan dan nyaris membuat kita tercabut dari akar budaya Minang," tegas Chairul Darwis.

Untuk kembali kepada keutuhan nilai-nilai budaya yang selama ini jadi jatidiri orang Minang, lanjutnya, ternyata memerlukan sebuah proses dan waktu yang cukup lama.

"Meski kendala psikologis amat berat, Gubernur Sumbar dan seluruh jajarannya berkomitmen untuk mewujudkan keinginan masyarakat Sumbar untuk kembali ke nagari. Secara bertahap, proses ke arah itu sudah berlangsung secara konsisten," kata Asisten IV Setda Provinsi Sumbar ini.

Berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan pemda Sumbar ini, ujarnya, diharapkan juga didukung oleh organisasi perantau Minang, khususnya BK3AM.

JAKARTA - Gubernur Sumbar menegaskan keberadaan dan eksistensi Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau Jakarta Raya (BK3AM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA