Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

P4S Sangat Penting di Tengah Ancaman Krisis Pangan Global

Selasa, 11 Oktober 2022 – 00:28 WIB
P4S Sangat Penting di Tengah Ancaman Krisis Pangan Global - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat membuka Pelatihan Manajemen Bagi Pengelola P4S Wilayah READSI, di Gowa. Foto: dok Kementan

jpnn.com, GOWA - Kementerian Pertanian terus menggenjot potensi Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) sebagai pembaharu pertanian di perdesaan.

Peran P4S dinilai sangat penting di tengah sejumlah ancaman yang membayangi bidang pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, P4S memiliki peran untuk mendukung pembangunan pertanian.

"Pembangunan pertanian yang kita lakukan, dimulai dari desa. Oleh karena itu, kita memaksimalkan peran P4S sebagai pembaharu perdesaan," katanya.

 Mentan pun berharap P4S bisa menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan pertanian.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, saat membuka Pelatihan Manajemen Bagi Pengelola P4S Wilayah READSI, di Gowa.

"Tahun 2022 bisa dikatakan sebagai tahunnya P4S. Ada dua alasan untuk mendukung itu. Pertama, saat pelaksanaan Fornas pada pekan lalu yang sukses diselenggarakan di Bali telah menghasilkan Ketua dan Pengurus FK P4S Nasional yang baru setelah selama ini tertunda beberapa tahun," tuturnya.

Kedua, sambung Dedi, tahun depan sejumlah P4S akan menjadi sasaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menu Pertanian Presisi dan Regeneratif.

Pria yang sering disapa Prof Dedi itu menambahkanperan P4S menjadi sangat penting bila dikaitkan dengan tiga tantangan dan ancaman utama sektor pertanian saat ini, yaitu pascapandemi Covid-19, perubahan iklim, dan tekanan geopolitik Rusia-Ukraina.

P4S Kementerian Pertanian bisa menjadi garda terdepan mengatasi krisis pangan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close