Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Ekonomi Sarankan Pertamina Sesuaikan Harga Pertamax di Pasaran

Jumat, 09 Agustus 2024 – 17:23 WIB
Pakar Ekonomi Sarankan Pertamina Sesuaikan Harga Pertamax di Pasaran - JPNN.COM
Ilustrasi - Pakar ekonomi menyarankan Pertamina menyesuaikan harga jual Pertamax di pasaran dengan harga minyak global agar tidak merugi. Foto: Pertamina Patra Niaga.

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina Patra Niaga dinilai penting menyesuaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dengan harga global agar tidak terus merugi.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas) Abdul Hamid Paddu, harga Pertamax penting disesuaian mengingat kondisi harga minyak berfluktuasi dan nilai tukar mata uang yang tertekan.

“Dalam kondisi harga minyak berfluktuasi serta nilai tukar mata uang yang tertekan seperti sekarang, mau tidak mau Pertamina harus menyesuaikan harga Pertamax agar tidak merugi,” ujar Hamid kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/8).

Hamid menyampaikan saran demikian mengingat Pertamina tidak hanya sekadar BUMN, tetapi sebuah perusahaan yang juga memiliki kewajiban mendapatkan keuntungan dan menjaga agar keuangannya tetap stabil.

"Pertamina harus menyelamatkan juga korporasinya untuk negara. Kalau (Pertamax) tidak dinaikkan, bisa berdampak serius pada keuangan BUMN tersebut,” ucapnya.

Menurut Hamid pengelolaan BBM non-subsidi seperti Pertamax menjadi kewenangan Pertamina, karena Pertamax mengacu kepada harga pasar.

Karena itu jika Pertamina terus menahan harga Pertamax, tentu akan berdampak langsung kepada perusahaan.

Hamid meyakini kalaupun Pertamina menaikkan Pertamax tentu harga yang ditetapkan masih kompetitif sesuai dengan penghitungan biayanya.

Pakar ekonomi menilai Pertamina penting menyesuaikan harga Pertamax di pasaran dengan harga minyak global agar tidak merugi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA