Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar IT Ahmad Faizun Mendorong Pemerintah Mengadopsi Keamanan Siber ala Rusia dan China

Selasa, 21 November 2023 – 23:58 WIB
Pakar IT Ahmad Faizun Mendorong Pemerintah Mengadopsi Keamanan Siber ala Rusia dan China - JPNN.COM
Pakar keamanan siber Ahmad Faizun. Foto: Dokumen pribadi Ahmad Faizun.

jpnn.com - JAKARTA –  Ahli keamanan siber Indonesia Ahmad Faizun mengatakan bahwa ratusan juta anomali traffic di tanah air sepanjang 2023 merupakan sinyal kuat akan pentingnya keberadaan internet yang independen dan tertutup, guna melindungi jaringan dan masyarakat dari pelaku kejahatan dunia maya.

Faiz, panggilan akrab Ahmad Faizun, mendorong pemerintah mengadopsi cara Rusia dan China menciptakan kemandirian internet guna mengantisipasi berbagai persoalan menyangkut sistem komputer dan informasi.

Dia mengatakan pemerintah sepatutnya dapat mulai merancang dan menerapkan protokol internet independen yang berlaku untuk bisnis dan pejabat di Indonesia.

Menurut dia, protokol independen yang aman sangat penting untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data yang dikirimkan melalui internet.

Faiz menambahkan pemerintah bisa memulai dari awal atau memodifikasi dan meningkatkan protokol independen aman yang tersedia,  seperti TLS, IPsec, SSH, PGP, TOR yang digunakan oleh berbagai organisasi, termasuk bisnis, pemerintah, dan individu.

"Dengan menggunakan protokol independen yang aman, pengguna internet di Indonesia dapat membantu melindungi privasi dan keamanan online mereka. Kita harus segera memulainya, sebelum kita menjadi terlalu terbuka lebar dan mudah menjadi sasaran penyerang global, baik peretas swasta atau lembaga pemerintah asing,” ujar Faizun dalam keterangannya, Selasa (21/11).

Menurutnya, internet mandiri di industri keuangan dapat mulai diwujudkan dengan dukungan teknologi biometrik yang saat ini banyak digunakan di Indonesia. 

Dia menegaskan pemerintah dapat mengadopsi kerangka zero trust dalam transaksi online. Dengan menggunakan e-KTP yang terhubung dengan Dinas Dukcapil atau badan lain, aktivitas dilakukan menggunakan internet dapat terverifikasi. Kegiatan yang menggunakan internet pun dapat diketahui dengan pembatasan kegiatan berdasarkan kebutuhan.

Ahli keamanan siber Indonesia Ahmad Faizun mendorong pemerintah mengadopsi cara Rusia dan China menciptakan kemandirian internet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close