Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Minta Menhub Era Prabowo-Gibran Paham Transportasi, Lalu Usulkan Nama Ini

Rabu, 31 Juli 2024 – 14:38 WIB
Pakar Minta Menhub Era Prabowo-Gibran Paham Transportasi, Lalu Usulkan Nama Ini - JPNN.COM
Captain Coky Leonardo Panjaitan (tengah). Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pakar perhubungan Tiop Gomos Dongoran menyebut Menteri Perhubungan (Menhub) era pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka seharusnya sosok berkompetensi di bidang transportasi dan berdedikasi.

Sebab, kata Tiop, transportasi di Indonesia yang bakal memasuki usia ke-79 masih belum sempurna dengan banyak perbaikan.

"Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau, peran moda transportasi sangat krusial dalam menggerakkan roda ekonomi Indonesia," ujar mantan pegawai Departemen Perhubungan Laut di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu di Jakarta, seperti dikutip Rabu (31/7).

Tiop melanjutkan perlu seorang pemimpin yang mumpuni di bidang perhubungan demi mengatasi permasalahan dalam transportasi.

"Jangan seperti yang lalu-lalu ini, mengangkat menteri yang tidak mengerti transportasi. Salah satu bidang pun dia tidak mengerti, bagaimana dia mau memimpin," katanya.

Dia kemudian menilai sosok Captain Coky Leonardo Panjaitan, yang memiliki keahlian di bidang perhubungan laut cocok menjadi Menteri Perhubungan era Prabowo-Gibran.

Tiop menyebut Captain Leon menguasai aturan di perhubungan laut meski belum menjabat di level eksekutif.

Dia melanjutkan pengalaman Leon sebagai nahkoda di luar negeri dan penanganan berbagai kasus laut menunjukkan kompetensi di bidang tersebut.

Pakar perhubungan Tiop Gomos Dongoran berharap Menhub era pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sosok paham transportasi. Kenapa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA