Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Puji Gaya Komunikasi Gibran dan Kaesang Saat Hadapi Serangan

Rabu, 02 Oktober 2024 – 18:58 WIB
Pakar Puji Gaya Komunikasi Gibran dan Kaesang Saat Hadapi Serangan - JPNN.COM
Gibran Rakabuming Raka kawal pembangunan Kota Solo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep kembali mendapat sorotan netizen setelah melakukan blusukan di Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa, 24 September 2024.

Anak bungsu Presiden Jokowi itu mengenakan rompi bertuliskan “Putra Mulyono”. Mulyono merupakan nama kecil Jokowi.

Sebelum Kaesang, anak Jokowi yang lain, Gibran Rakabuming juga pernah mendapat perhatian.

Pada 30 Desember 2023, melalui akun X pribadinya, Gibran membagikan meme bertuliskan “Panggil Aku Samsul Paman”. Julukan Samsul merupakan akronim dari asam sulfat yang diberikan warganet.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas MNC Widiya Noviasari memuji gaya komunikasi Gibran dan Kaesang yang mampu menghadapi serangan di media sosial dengan santai dan elegan.

Menurut Widiya, dalam perspektif komunikasi politik, Gibran dan Kaesang menggunakan strategi Self Defense Humour dengan merespons berbagai fitnah, nyinyiran, serta serangan dengan humor yang cerdas.

Meski masih muda, Gibran dan Kaesang dinilai telah menunjukkan kedewasaan dalam berpolitik, tidak mudah tersinggung ketika mendapatkan kritik dari publik.

Gaya komunikasi politik Kaesang ini dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu tradisi Jawa, teknologi, dan psikologis generasi milenial.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas MNC Widiya Noviasari memuji gaya komunikasi Gibran dan Kaesang yang mampu menghadapi serangan di media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA