Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pandemi, 2 Pelabuhan di Provinsi Riau yang Dikelola Pelindo I Tumbuh Positif

Sabtu, 12 September 2020 – 12:39 WIB
Pandemi, 2 Pelabuhan di Provinsi Riau yang Dikelola Pelindo I Tumbuh Positif - JPNN.COM
Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau yang dikelola oleh Pelindo I. Foto dok Pelindo I

jpnn.com, RIAU - Kinerja dua pelabuhan utama di Provinsi Riau terus tumbuh positif sepanjang 2020 ini. Salah satu pelabuhan utama di Provinsi Riau adalah Pelabuhan Dumai.

Selain marine services, layanan unggulan di Pelabuhan Dumai yaitu layanan bongkar muat curah cair dan curah kering. Pelabuhan ini juga merupakan salah satu pelabuhan dengan terminal curah cair terbesar di Indonesia.

"Di tengah pandemi Covid-19 Pelabuhan Dumai tetap menjadi pelabuhan umum yang tertinggi  dalam pengapalan CPO dan turunannya  di Indonesia yaitu rata-rata 400 ribu ton tiap bulannya," ujar Komisaris Utama PT Pelindo 1 Achmad Djamaludin.

Jenis curah cair yang dikirim dari PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 ini adalah Crude Palm Oil (CPO) yang diekspor ke India, China, dan Eropa.

Sedangkan untuk curah kering yaitu Palm Kernel Ekspeller (PKE) dan Palm Kernel Shell (PKS) banyak diekspor ke Asia Timur dan Eropa.

Menurut Achmad untuk layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai mengalami peningkatan yang signifikan.

Sampai dengan Juli  – 2020, Pelabuhan Dumai melayani bongkar muat peti kemas sebanyak 8.524 box, dibandingkan  dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 sebesar 5.754 box.

Angka tersebut setara dengan 8.883 TEUs, dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 5.865 TEUs.

Dua pelabuhan di Provinsi Riau yang dikelola oleh PT Pelindo I sampai saat ini masih mengalami peningkatan meski di tengah pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close