Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Para Terduga Teroris Harus Ditanya Asal Bahan Membuat Bom

Jumat, 06 Juli 2018 – 09:17 WIB
Para Terduga Teroris Harus Ditanya Asal Bahan Membuat Bom - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa bom Bangil dan melukai anak terduga teroris harus menjadi warning soal masih beredarnya pengetahuan membuat bom. Kendati teroris hanya berkemampuan membuat bom berdaya ledak low explosive, namun bukan berarti bisa diacuhkan. Kemampuan membuat bom itu diyakini didapatkan dari dunia maya.

Para Terduga Teroris Harus Ditanya Asal Bahan Membuat Bom

Jawa Pos mencoba untuk mencari di Youtube cara membuat bom. Puluhan video dengan mudah dilihat dan bisa ditonton untuk belajar membuat bom. Ada video untuk membuat bom dari tabung, pun ada video membuat bom ikan. Bahkan, video cara membuat bubuk mesiu juga mudah ditemukan.

Ada pula video yang mengajarkan untuk membuat bom asap, yang digunakan untuk mainan. Semua lengkap. Tinggal tonton dan anggota kelompok teror sudah siap meracik bom.

Pengamat Terorisme Al Chaidar menuturkan bahwa saat ini pengetahuan pembuatan bom yang dimiliki kelompok teror sebagian besar berasal dari internet. ”Pemerintah berulang kali berupaya memblokirnya, namun kurang keras upayanya. Hingga masih ada saja yang muncul,” tuturnya.

Menurutnya, sudah saatnya semua situs yang mengajarkan pembuatan bom itu dihentikan secara total. ”Sehingga, tidak ada lagi ruang untuk belajar membuat bom,” terangnya dihubungi Jawa Pos kemarin.

Bukankah mereka bisa membuat situs baru? Dia menerangkan bahwa seharusnya pemerintah bisa bekerjasama dengan setiap perusahaan internet, seperti Google dan Youtube. Kerjasama itu untuk memastikan mencegah situs mengajarkan pembuatan bom sebelum muncul di internet. ”Misalnya Youtube, itu dia bisa untuk memfilter sebelum bisa dilihat publik,” tuturnya.

Dia mengatakan, untuk bahan bom sebenarnya sulit untuk distop. Sebab, banyak bahan sehari-hari yang bsia digunakan untuk membuat bom. ”Bahkan, membuat bom dari barang-barang yang dijual di mini market saja bisa,” terangnya.

BACA JUGA: Detik-detik Kapolsek Dikejar, Dilempar Tas Berisi Bom

loading...