Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Para Tokoh Lintas Iman Menobatkan Gus Muhaimin menjadi Bapak Toleransi

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 11:32 WIB
Para Tokoh Lintas Iman Menobatkan Gus Muhaimin menjadi Bapak Toleransi - JPNN.COM
Gus Muhaimin bersama sejumlah tokoh lintas iman di Pura Jagatnatha Puja Mandala, Bali, Jumat (23/8) malam.

jpnn.com - BALI - Sejumlah tokoh lintas iman menobatkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menjadi Bapak Toleransi Penjaga Pancasila.

Penghargaan itu berlangsung di sela doa bersama sejumlah tokoh lintas iman di Pura Jagatnatha Puja Mandala, Bali, Jumat (23/8) malam.

Doa bersama dipimpin Ketua Paguyuban antar-Umat Beragama Kompleks Puja Mandala, Wayan Solo. Gus Muhaimin dianggap sebagai sosok pemimpin yang toleran dan mampu mengikat nilai keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan dalam satu rangkaian organisasi.

”Kami para tokoh lintas iman memberikan tanda kehormatan dan menganugerahkan gelar Bapak Toleransi Penjaga Pancasila kepada Gus Muhaimin Iskandar,” ujar Wayan.

Hadir sejumlah tokoh lintas agama antara lain Ketua Walubi Bali Oscar Naib Wanouw, Pendiri dan Pengasuh Ashram Gandih Puri Ida Rsi Putra Manuaba, Sekertaris Umum PGI Bali Pdt. Yacob Yanuarius B, Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Ws. Adhinata Lee, Romo Adianto Paulus Harun, dan Ketua JQHNU KH Saifullah Ma’shum.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan kepada Gus Muhaimin yang selama ini dinilai sebagai tokoh yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai luhur Pancasila. Hal ini diwujudkan melalui sikap dan tindakan Gus Muhaimin dalam mengembangkan hubungan tali persaudaraan antarsesama yang terikat dengan ikatan keagamaan, kebangsaan, dan kemanusiaan.

Gus Muhaimin juga dianggap konsisten dalam selalu menjunjung tinggi semangat akomodatif, kooperatif, dan integratif tanpa memperuncing perbedaan antara yang satu dengan lainnya.

Dengan adanya anugerah tersebut, Gus Muhaimin diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Gus Muhaimin berharap ini menjadi motivasi warga PKB dan warga NU untuk terus bersama-sama menjaga Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA