Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Garuda Sebut Pilkada Tidak Langsung Tetap Demokratis

Selasa, 07 Februari 2023 – 11:14 WIB
Partai Garuda Sebut Pilkada Tidak Langsung Tetap Demokratis - JPNN.COM
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengatakan tak perlu meributkan sistem sistem pemilihan kepala daerah atau pilkada langsung dan tak langsung. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengatakan tak perlu meributkan sistem sistem pemilihan kepala daerah atau pilkada langsung, yaitu pemilihan melalui rakyat atau pilkada tidak langsung, yaitu pemilihan melalui DPRD.

Sebab, keduanya sama-sama demokratis, sama-sama tidak melanggar konstitusi.

Namun, masyarakat harus mau melihat mana yang banyak kelemahannya.

"Apakah yang langsung atau tidak langsung?" ungkap Teddy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/2).

Menurutnya, setelah beberapa kali dilakukan Pilkada langsung, perilaku masyarakat Indonesia yang ramah dan santun berubah, saling sikut, menyerang, memaki, menjatuhkan bahkan menjadi permusuhan yang berkepanjangan, memutuskan tali persaudaraan dan persahabatan.

"Kenapa ini bisa terjadi? Karena rakyat ikut bertarung, ikut menjadi pemeran utama," ujar Jubir Partai Garuda itu.

Teddy menyebut pertarungan itu terjadi sampai ke tingkat paling bawah, termasuk di keluarga. "Contohnya, saat pemilu semua grup WhatsApp dari keluarga, lingkungan RT, pekerjaan menjadi grup politik, dan terjadi perpecahan di sana," kata dia.

Oleh karena itu, Teddy menilai pilkada langsung maupun tidak langsung menghasilkan pimpinan hebat, tetapi banyak juga menghasilkan pimpinan yang lemah.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengatakan tak perlu meributkan sistem sistem pemilihan kepala daerah atau pilkada langsung dan tak langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close