Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Ummat & Politik Identitas demi Martabat

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Rabu, 15 Februari 2023 – 18:58 WIB
Partai Ummat & Politik Identitas demi Martabat - JPNN.COM
Amien Rais dan logo Partai Ummat. Foto: screenshot akun Amien Rais Offical di YouTube.

jpnn.com - Politik identitas menjadi kosakata negatif karena labelisasi dan stigmatisasi yang masif dalam beberapa tahun terakhir. Politik identitas dihindari seperti penyakit sampar yang mematikan.

Elite-lite politik, termasuk Presiden Joko Widodo, tidak pernah lelah mengingatkan publik menghindari politik identitas dalam setiap perhelatan politik.

Suara pemilih muslim sangat besar di Indonesia. Memainkan isu agama sebagai bagian dari identitas akan sangat mudah menarik simpati.

Partai politik apa pun pasti ingin menggaet potensi suara pemilih muslim. Namun, karena sudah telanjur ada labelisasi dan stigmatisasi negatif terhadap politik identitas, maka parpol-parpol tidak berani terang-terangan memainkannya.

Partai Ummat yang dibesut oleh Amien Rais memilih jalan berbeda. Seolah menentang arus, Partai Ummat secara terang-terangan mendeklarasikan diri sebagai parpol yang mengusung politik identitas.

Dalam perhelatan nasional di Jakarta pekan ini, Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengumumkan bahwa parpolnya beridentitas politik Islam.

Baca Juga:

Politik identitas mendapat label negatif dengan semena-mena. Politik identitas soolah-olah barang haram yang tidak mempunyai tempat dalam konstelasi politik di sebuah bangsa.

Politik identitas menjadi fenomena umum yang terjadi di banyak negara. Fenomena ini tidak muncul tanpa sebab.

Partai Ummat besutan Amien Rais memilih jalan berbeda dengan menentang arus dan secara terbuka mendeklarasikan diri sebagai parpol pengusung politik identitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close