Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Patenkan Tenun Ikat Sumba Sebagai Warisan Budaya

Selasa, 17 April 2012 – 07:46 WIB
Patenkan Tenun Ikat Sumba Sebagai Warisan Budaya - JPNN.COM
JAKARTA - Setelah keris, wayang, dan batik, Indonesia bakal terus memperkaya warisan budaya yang diakui UNESCO. Saat ini, tenun ikat Sumba sudah masuk dalam daftar nominasi UNESCO untuk ditetapkan menjadi warisan budaya. Penetapannya dijadwalkan keluar akhir tahun depan.

Pendaftaran tenun Sumba menjadi warisan budaya tak benda ini diusulkan oleh Cita Tenun Indonesia (CTI). Ketua CTI Okke Hatta Rajasa di Jakarta kemarin (16/4) menuturkan, pihanya selaku masyarakat berharap besar tenun Sumba ini diterima oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

Dia menuturkan, nama resmi pendaftaran tenun Sunda ini adalah, Tenun Ikat Sumba Indonesia. Dengan nama ini, dianggap bisa mewakilan seluruh tradisi pertenunan di Indonesia. Okke menuturkan, melalui upaya ini banyak sekali manfaat yang bisa didapat. "Diantaranya adalah untuk kelestariannya," ucap dia.

Upaya pendaftaran tenun Sumba sebagai warisan budaya tak benda ini mendapatkan tanggapan baik dari Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti. Dia mengatakan, tenun Sumba bisa disebut sebagai induknya pertenunan di Indonesia.

loading...