Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PB HMI Soroti Masuknya TKA Asing di Tengah Penerapan PPKM

Sabtu, 17 Juli 2021 – 19:44 WIB
PB HMI Soroti Masuknya TKA Asing di Tengah Penerapan PPKM - JPNN.COM
Pj Ketua Umum PB HMI Abdul Muis. Foto: PB HMI

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendapat sorotan banyak pihak.

Salah satu di antaranya datang dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

Penjabat (Pj) Ketua Umum PB HMI Abdul Muis mengungkapkan bahwa hal ini merupakan bukti kelemahan Kementerian Investasi dalam melakukan pengkajian dan pengusulan kebijakan pelayanan penanaman modal.

“Kami melihat ini kelemahan Menteri Investasi yang memberi ruang terlalu besar kepada para investor, sehingga mereka (investor, red) terlalu dominan sampai hal sekecil ini kita harus nurut,” kata Abdul Muis, Sabtu (17/7).

Pemuda yang akrab disapa Muis ini juga mengatakan kejadian ini sebagai pertanda negara telah digadaikan kepada investor asing.

“Kami menilai kekayaan sumber daya alam yang kita miliki tidak lagi dikelola untuk kemakmuran rakyat Indonesia, tetapi dikuasai sepenuhnya oleh pemilik modal asing,” kata dia.

Alumni Universitas Hasanuddin ini juga menyatakan mestinya dengan segala sumber daya yang dimiliki, Indonesia harus lebih berdaulat dan berpihak pada rakyatnya dalam menerima investasi.

“Sumber daya alam yang kita miliki harusnya dapat meningkatkan posisi tawar dalam menerima para investor. Kalau skema investasi seperti ini kita tetap saja akan terus jadi pembantu di rumah sendiri,” ungkap mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia ini.

PB HMI menyoroti masuknya TKA asal China di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close