Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBHI Ingatkan Pentingnya Representasi Perempuan Jadi Pimpinan & Dewas KPK

Jumat, 21 Juni 2024 – 20:45 WIB
PBHI Ingatkan Pentingnya Representasi Perempuan Jadi Pimpinan & Dewas KPK - JPNN.COM
Suasana diskusi publik PBHI dan Transparency International Indonesia di Jakarta pada Jumat (21/6). Foto: PBHI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua PBHI Julius Ibrani mengingatkan pentingnya representasi perempuan dalam struktur pimpinan dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Julius dalam diskusi publik PBHI dan Transparency International Indonesia di Jakarta pada Jumat (21.6).

Julius menyebut Pansel KPK harus melihat bahwa ada kompleksitas dan dinamika permasalahan yang terjadi di lembaga antirasuah, dan hal itu harus menjadi bahan uji bagi kandidat calon pimpinannya.

Dalam diskusi tersebut Julius menyinggung terobosan-terobosan yang pernah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), misalnya terkait representasi perempuan di pimpinan KPK.

"Jokowi pernah memiliki rekam jejak memilih pimpinan KPK seorang perempuan," kata Julius dalam diskusi bertema "Pentingnya Representasi Perempuan dalam Pimpinan KPK dan Dewas KPK" itu, dikutip dari siaran pers.

Menurut dia, perspektif perempuan sangat diperlukan oleh lembaga pemberantasan korupsi itu. Menurut riset litbang KPK sendiri, salah satu faktor kriminogen terjadinya korupsi adalah dorongan dari para istri.

Oleh karena itu, dia menilai terobosan Jokowi dalam  menempatkan perempuan menjadi pimpinan KPK sangat ditunggu-tunggu, bahkan jika diperlukan dominan dalam komposisi pimpinan KPK dan dewas.

Dengan demikian, kepemimpinan perempuan itu diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang ada dan bahkan menjadi titik balik KPK di masa datang.

Ketua PBHI Julius Ibrani mengingatkan pentingnya representasi perempuan dalam struktur pimpinan dan Dewas KPK. Jokowi punya rekam jejak soal ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close