Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Disebut Tak Seperti Partai Lain yang Rekrut Kader Berbasis Popularitas dan Artis

Jumat, 06 Januari 2023 – 15:50 WIB
PDIP Disebut Tak Seperti Partai Lain yang Rekrut Kader Berbasis Popularitas dan Artis - JPNN.COM
PDIP meski sudah menjadi partai modern tetap tidak meninggalkan semangat perjuangan kerakyatan. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai PDI Perjuangan menunjukkan keseriusannya dalam aspek kaderisasi.

Oleh karena itu, partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputi itu tidak merekrut caleg berbasis keterkenalan, populer, artis, atau vote getter.

"Saya merasa karena PDIP sangat serius mengurus kaderisasi, partai lain, kadang-kadang hanya mempertimbangkan bagaimana lolos ambang batas parlemen. Mereka tidak memedulikan kader yang direkrut menjadi caleg itu, kadang-kadang yang penting terkenal, populis, yang penting artis, yang penting bisa jadi vote getter, yang penting bisa menambah kursi di perlemen,” kata Pangi saat dihubungi, Jumat (6/1).

Pangi melihat partai bernomor urut tiga itu sudah selesai dengan urusan seperti hal di atas.

"Artinya, mereka tidak merekrut kader hanya sebatas elektabilitas, tidak sebatas populis, tidak sebatas artis, tidak. Mereka mempertimbangkan tradisi meritokrasi. Mengutamakan, memprioritaskan kader terbaik, walaupun tidak terkenal secara publik. Mereka bisa memberikan jalan bagi kader terbaik mereka," ujarnya.

Menurutnya, PDIP memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki parpol peserta Pemilu 2024 lain di Indonesia.

"Jadi, partai yang tidak hanya berbasis kepada figur tetapi kekuatan kaderisasi yang berjalan merata hampir di semua daerah," kata Pangi.

Dia mengatakan PDIP banyak memiliki calon legislatif yang berkualitas, sehingga elektabilitas parpolnya cukup baik di semua provinsi di Indonesia.

PDIP dianggap memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki parpol peserta Pemilu 2024 lain di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close