Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin Garap Lokasi Baru

Minggu, 16 Desember 2018 – 03:09 WIB
Pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin Garap Lokasi Baru - JPNN.COM
Suasana penambangan emas tanpa izin (PETI) di Jambi. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, MERANGIN - Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Merangin, terus terjadi. Bahkan, para pelaku mulai menggarap lokasi baru. Kondisi ini tentu kian menghawatirkan dan mengancam ekosistem.

Kasat Reskrim Polres Merangin, Iptu Khairunnas, saat dikonfirmasi mengatakan, lokasi baru yang mulai digarap para pelaku PETI yakni di wilayah Kecamatan Tiang Pumpung dan Kecamatan Muara Siau.

“Ini mulai terkuak karena adanya keributan pembakaran alat berat oleh masyarakat yang menolak aktivitas PETI,” ujar Iptu Khairunnas, kepada harian ini.

Untuk wilayah yang mendominasi selama ini, sambung Iptu Khairunnas, yakni di Kecamatan Tabir Ilir, Tabir Barat, Pamenang, Pangkalan Jambu dan Sungai Manau.

"Wilayah yang paling banyak mendominasi atau yang sering kami lakukan pengamatan yaitu daerah Kecamatan Tabir Ilir, Tabir Barat, Pamenang, Pangkalan Jambu dan Sungai Manau," ungkap Kasat Reskrim.

Saat ditanya terkait kasus PETI yang berhasil diungkap, Dia menyebutkan hingga akhir tahun 2018 ada 8 kasus PETI yang ditangani pihaknya. Dari 8 kasus itu diamankan 13 tersangka.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2018 pihak Polres Merangin mencatat ada sekitar 12 orang yang meninggal akibat aktivitas PETI.

"Laporan yang masuk dengan kami sekitar 12 orang yang meninggal di lokasi PETI sepanjang tahun 2018," tandasnya. (wwn)

Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Merangin, terus terjadi. Bahkan, para pelaku mulai menggarap lokasi baru.

Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close