Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMANAH Bawa Desainer Untuk Latih Pengrajin Anyaman Bili di Aceh Besar

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 13:10 WIB
AMANAH Bawa Desainer Untuk Latih Pengrajin Anyaman Bili di Aceh Besar - JPNN.COM
Pengrajin anyaman bili di Aceh Besar mendapat pelatihan dari desainer AMANAH. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, ACEH BESAR - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengembangkan produk anyaman bili di Kabupaten Aceh Besar. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan tangan buatan pengrajin dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

Program kali ini melibatkan desainer produk dari Rumpun Gagas Unggul, Iman Setiobudy. “Kami ini mengembangkan produk turunan. Tidak menghilangkan produk yang sudah berlangsung selama ini karena warisan turun temurun,” kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (17/8).

Pada kesempatan itu, Iman menemui para pengrajin anyaman bili di Bili Droe, Gampong Lampanah Teunong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Kedatangannya sekaligus untuk memberikan pelatihan kepada para pengrajin.

Selama ini, anyaman bili biasanya dibuat menjadi produk sederhana seperti ayakan beras atau pot bunga. Oleh karena itu, dia menawarkan desain produk baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran.

“Fungsinya yang kita arahkan untuk kebutuhan (pasar) saat ini. Jadi, mengembangkan produk turunan yang bisa memperluas pasar. Dalam hal ini adalah memberi nilai tambah kepada peran produk ini,” kata Iman.

Produk kerajinan tangan di daerah tersebut menggunakan batang tanaman bemban atau yang biasa disebut bili oleh masyarakat Aceh. Kulit tanaman tersebut memiliki kelenturan seperti rotan sehingga bisa dengan mudah dibuat anyaman.

Menurut Iman, tanaman bili mempunyai banyak keunggulan. Mulai dari jumlahnya yang melimpah hingga batang dan kulitnya yang sudah bisa digunakan meskipun usianya masih muda.

AMANAH membawa desainer profesional untuk melatih pengrajin anyaman bili di Aceh Besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA