Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembahasan TDL Belum Final

Kamis, 30 September 2010 – 19:05 WIB
Pembahasan TDL Belum Final - JPNN.COM
JAKARTA -- Pembahasan APBN 2011 di komisi XI DPR RI telah menyelesaikan pembahasan beberapa asumsi makro. Namun asumsi makro yang berkaitan dengan dampak rencana pemerintah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan subsidi BBM, pembahasannya belum final.  ‘’Belum final dibahas soal TDL. Kita baru bahas penyisiran untuk efisiensi anggaran, jadi nanti akan ada perubahan lagi,’’ kata anggota komisi XI DPR RI, Melchias Makus Mekeng saat diskusi dengan wartawan, Kamis (30/9) di Jakarta.

 Di komisi XI, pembahasan menyusun asumsi makro APBN 2011 dilakukan dengan membentuk tiga Panitia Kerja (Panja) yakni Panja Asumsi makro, Panja dasar dan defisit pembiayaan serta Panja belanja K/L dan daerah. ‘’Sudah dibilang Panja, asumsi dan pembiayaan, 95 persen sudah selesai. Hanya tinggal satu lagi pembahasan tentang subsidi BBM. Pemerintah masih ingin melakukan koreksi. Namanya orang usaha, ya tidak masalah,’’ kata Melchias.

Sementara itu, beberapa asumsi makro menyusun RAPBN 2011 telah selesai dibahas. Seperti pertumbuhan ekonomi disepakati 6,4 persen. Inflasi 5,3 persen. Nilai tukar disepakati Rp9.250/USD. Suku bunga 6,5 persen. Lifting minyak 970.000 barel per hari. Melchias mengatakan, pemerintah harus bisa mengendalikan berbagai masalah fiskal agar mencapai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan.

‘’Di negara lain sekarang ini terjadi recovery ekonomi yang bombastis, seperti Cina, Malaysia, Singapura. Indonesia sendiri hanya 6 persen dan belum pernah sentuh level 7 persen. Karena itu kita minta kendala fiskal harus diatasi,’’ kata Melchias.(afz/jpnn)

JAKARTA -- Pembahasan APBN 2011 di komisi XI DPR RI telah menyelesaikan pembahasan beberapa asumsi makro. Namun asumsi makro yang berkaitan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close